ON LINE

Followers

NAIKNYA AIR LAUT DI PANTAI CAROLINA UTARA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 02 Juli 2011

Tepian luar Carolina Utara memiliki sejarah panjang tentang kekayaan laut dan kecantikan alam yang memesona. Wilayah ini juga memiliki muara kedua terbesar di Amerika Utara yang kini menjadi tempat penting bagi pengembangan olahraga air, selain memiliki spesies ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.



Akibat perubahan iklim, ketinggian permukaan laut di sepanjang pantai di Atlantik terus naik sejak akhir 1980 -an. Penelitian terbaru menunjukkan tingkat kenaikan permukaan air laut naik sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan satu abad lalu. Para ahli memperkirakan permukaan air laut akan naik sekitar 1 meter pada 2010. Dan itu baru perkiraan yang sangat konservatif.



Apabila tingkat kenaikan itu terus berlangsung, tepian Carolina Utara akan tenggelam dan geografi pantai akan berubah secara drastis dalam beberapa dekade mendatang. Saat ini hampir 3200 kilometer persegi pantai Carolina Utara termasuk tepian terluar, berada hanya sekitar 1 meter di atas air. Hilangnya sejumlah muara di Carolina Utara juga mengancam perikanan. Pantai yang ada saat ini lebih ringkih dalam menghadapi ancaman erosi yang normal sekalipun, antara lain yang berasal dari empasan gelombang dan badai.


Cape Hatteras, North Carolina tempat para Surfer berselancar di atas air.


Naiknya permukaan air laut telah berdampak terhadap tepian luar Carolina Utara. Misalnya, mercusuar yang merupakan ikon di Cape Hatteras yang dibangun pada 1870, pada 1999 harus dipindahkan ke daratan karena terus diterjang ombak dan gelombang. Saat itu permukaan air laut telah naik sampai 20 sentimeter. Selain naiknya permukaan air laut yang kerap terjadi di wilayah ini, bencana alam yang sering melanda wilayah ini adalah terjangan angin tornado.


Angin tornado menerjang wilayah Carolina Utara Sabtu ( 16/4 ).


Tornado dahsyat menyerang wilayah Carolina Utara, Amerika Serikat, Sabtu (16/4/11). Angin berkekuatan luar biasa yang meluluh lantakan lima negara bagian Amerika Serikat ini terjadi sejak Kamis silam, menyebabkan sedikitnya 18 orang meninggal dunia. Sementara itu, puluhan lainnya mengalami luka-luka. Angin puting beliung ini menyebabkan atap rumah berterbangan, pohon tumbang, serta puluhan rumah warga rusak parah. Beberapa wilayah juga mengalami pemadaman listrik.



Setiap tahun Carolina Utara mengalami tornado rata-rata kurang dari 20 kali. Banyak di antaranya dihasilkan oleh hurikan atau badai tropis sepanjang dataran pantai. Tornado dari dari badai adalah suatu risiko khususnya di bagian timur negara bagian ini. Piedmont barat seringkali terlindungi oleh gunung-gunung yang memecah badai ketika badai melintasinya. Badai itu seringkali akan berubah jauh di sebelah timur. Selain itu, ciri cuaca yang dikenal sebagai "udara dingin yang melembapkan" terjadi di bagian barat negara bagian ini. Hal ini juga dapat memperlemah badai tetapi juga dapat menyebabkan badai salju yang hebat di musim dingin.



Sumber : Geo Week.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.