ON LINE

Followers

GEDUNG BERLANTAI 39 BERGUNCANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 30 Juli 2011

Kepanikan melanda sebuah pusat perbelanjaan di Seoul, Korea selatan, saat terjadi guncangan di gedung berlantai 39, Selasa ( 19/7 ). Para ahli konstruksi gedung mengatakan, sekelompok orang yang diduga melakukan olahraga di lantai 12, sebagai penyebab terjadinya guncangan di bangunan gedung tersebut. Pusat perbelanjaan itu terdiri atas toko-toko yang menjual peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga dan toko buku. Gedung perbelanjaan ini juga dilengkapi bioskop serta beberapa ruang perkantoran.



Sesaat setelah terjadi guncangan, ratusan orang dievakuasi dari sebuah pusat perbelanjaan, saat terjadi bangunan terasa bergetar selama 10 menit. Ahli arsitektur yang melakukan analisa mengatakan, guncangan yang membuat panik itu kemungkinan berasal dari latihan olahraga. Menurut pemilik pusat perbelanjaan 39 Story Technomart, di Gym lantai 12 memang ada sekelompok orang yang rutin melakukan latihan Tae Bo, campuran olahraga tinju dan taekwondo.



Gedung Technomart itu bergoyang selama kurang lebih 10 menit dan membuat seluruh warga yang ada di dalamnya panik. “Gedung itu bergoyang keras. Saya merasa pusing dan hampir saja muntah,” ungkap Lee Ji Soo seorang warga, yang menjadi saksi seperti dikutip Chosun Ilbo, Selasa (19/07/11).



Untuk membuktikan hal itu digelar demonstrasi dengan para ahli dari institut arsitektur Korea, untuk menunjukkan bahwa sekelompok orang paruh baya yang berolahraga dapat mengguncangkan gedung pencakar langit berlantai 39 itu. Dalam demonstrasi itu, sebanyak 23 orang paruh baya dimobilisasi melakukan latihan Tae Bo untuk menciptakan kondisi yang sama dengan saat terjadi kepanikan.


Gedung Technomart berlantai 39 bergoyang hebat tanpa sebab menyebabkan pengunjung panik dan mengira terjadi gempa bumi.


Ternyata vebrometer membaca getaran naik 10 kali lipat dalam demonstrasi itu. Pemilik bangunan dan para ahli masih akan melakukan percobaan yang lebih intensif dan berharap mendapatkan hasil penyelidikan terakhir mereka dalam 2 atau 3 bulan ke depan. Warga dan pemerintah khawatir kejadian seperti ini akan sama seperti saat peristiwa runtuhnya pusat perbelanjaan Sampoong yang terjadi tahun 1995 silam. Di mana ketika itu fondasi dari gedung tidak seimbang, menyebabkan gedung runtuh seketika. Kejadian ini menewaskan lebih dari 500 orang.



Sumber : Life/Reuters/South Korea in Shaking Building.

1 Responses to GEDUNG BERLANTAI 39 BERGUNCANG.

  1. wah bahaya juga nih gedung,.
    jadi pardno ke tempat yang tinggi2

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.