ON LINE

Followers

BAKTERI ASING HIDUP DI DANAU CALIFORNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 08 Juli 2011

Salah satu tanda biologi di bumi adalah rangkaian elemen yang merupakan persyaratan mendasar untuk bisa hidup di planet ini. Mereka itu terdiri dari enam elemen, yaitu karbon, hidorgen, nitrogen, oksigen, fosfor dan sulfur. Namun pengertian kita selama ini saat berhadapan dengan ilmu kimia, tentang unsur-unsur yang membangun kehidupan kini dipertanyakan, menyusul ditemukannya bakteri yang hidup di Danau Mono di California, yang sarat dengan arsenik dan garam.



Bakteri itu merupakan proses fotosintesis, seperti yang dilakukan tumbuhan, untuk memanfaatkan cahaya matahari dan mengubah karbon dioksida menjadi makanan. Hanya saja bakteri ini menggabungkan arsenik, bukan fosfor ke dalam metabolismenya. Dalam penelitian laboratoriom bakteri itu terbukti dapat mengulangi proses seperti itu. Temuan itu menunjukkan bahwa arsenik secara utuh menggantikan fosfor, sampai-sampai hal itu tergambar dalam DNA bakteri.



Meskipun arsenik memang memiliki kaitan dengan fosfor, keduanya masuk dalam keluarga metal. Perilaku mereka dalam proses metabolisme sangatlah berbeda. Para ilmuwan tidak merasa bahwa mereka telah menemukan sebuah bentuk baru kehidupan, dan itu juga bukanlah bentuk yang sama sekali asing.


Bakteri yang ditemukan tidak mati terkena arsenik. Malah memanfaatkannya untuk hidup ( tcnj.edu ).


Yang sangat mungkin terjadi, demikian menurut situs GeoWeek menyatakan bakteri yang sangat tua itu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan arsenik dengan perlakuan serupa seperti kepada fosfor. Dikatakan arsenik adalah benda mematikan untuk manusia.



Keberadaannya di dasar air menunjukkan bahaya lingkungan yang dapat memengaruhi jutaan manusia di dunia. Mungkin mempelajari bakteri asing di Danau Mono bisa membantu para ilmuwan dalam upaya menyelamatkan penduduk yang terancam kematian karena air yang terkontaminasi racun. Bakteri yang ditemukan itu tumbuh saat arsenik dan fosfor terkandung di air danau.



Akan tetapi tidak demikian ketika keduanya disingkirkan dari air. Bahkan bakteri itu tumbuh dengan kadar arsenik yang tinggi. “ Sangat mengagumkan melihat bakteri itu bisa tumbuh dan bertahan hidup,” kata Felisa Wolfe-Simon, peneliti dari NASA Astrobiology Institute dan US Geological Survey yang mengepalai penelitian tersebut. “Kita tahu bahwa beberapa mikroba bisa bertahan dengan arsenik, namun yang kami temukan kali ini adalah mikroba yang melakukan hal baru. Mereka membutuhkan arsenik untuk berkembang biak,” ucapnya.



Sumber : GeoWeek Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.