ON LINE

Followers

BERLIBUR UNTUK MENJAGA TUBUH TETAP SEHAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 03 Juli 2011

Saat ini musim liburan sekolah sudah tiba. Anak boleh istirahat sejenak dari kesibukan belajar di sekolah, orangtua pun harus tetap bekerja membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mempersiapkan diri sang anak masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi yang saat ini membutuhkan biaya tidak sedikit. Kalau sudah begini orang tua harus mempersiapkan finansial sedini mungkin agar saat pendaftaran sekolah baru tiba, biaya untuk keperluan ini sudah di tangan. Boleh dikatakan aktivitas bekerja orang tua untuk memikirkan biaya sekolah suatu keharusan demi masa depan sang anak meraih cita-citanya.



Kalau sudah begitu kelelahan pisik dan mental akan mendera pikiran orangtua. Pikiran yang tegang akibat kerja otak sangat berlebihan sama beratnya dengan kerja otot yang biasa dilakukan oleh abang becak yang menggenjot pedal becaknya menyusuri jalanan perkotaan. Selain kebutuhan kalori karena kerja keras bagi fisik dan otak, keletihan fisik akan mendera pula keletihan mental. Keletihan fisik diakibatkan banyaknya kalori yang dibakar tubuh selama beraktivitas di lapangan. Kalori yang dibakar tubuh seorang abang becak dengan peluh bercucuran tidak sama dengan kalori yang dibakar tubuh seorang sekretaris dengan bau wangi tubuhnya yang duduk bekerja di ruangan ber-ac.



Aktivitas fisik yang berat akan memberatkan kinerja mesin tubuh. Akan lebih banyak sel otot, sel jantung, sel paru dan semua sel dalam tubuh terlibat dalam aktivitas fisik yang melelahkan. Mesin tubuh yang dipacu kerja keras akan menjadi panas maka perlu pendinginan segera. Untuk mendinginkannya maka seorang pekerja keras harus memberi jeda sejenak untuk rehat dari kesibukan ini, yaitu melakukan liburan agar tubuh kembali sehat.



Jeda sejenak bagi kerja fisik yang melibatkan otak untuk berpikir berarti mengendurkan otak dari kegiatan berpikir penuh konsentrasi. Kalau kita kenal kelelahan fisik, ada pula kelelahan mental yang jika dibiarkan kerja terus akan berdampak pada kesehatan seseorang. Kalau hal ini terjadi maka orang akan gampang tegang, stress, uring-uringan yang berakibat timbulnya radikal bebas dalam tubuhnya.



Ada anggapan keliru selama ini bahwa kegiatan fisik berlebihan akan bertambah sehat padahal umur seseorang yang melakukan kegiatan fisik berlebihan sudah tidak mendukung lagi aktivitas berlebihan. Menurutnya semakin lama dan berat olahraga yang dijalaninya akan semakin menyehatkan. Justru sebaliknya yang terjadi kelebihan beban yang disandang tubuh justru akan merusak. " Kalau sudah begitu boleh jadi radikal bebas akan semakin membanjiri tubuh dan tubuh akan kewalahan meredamnya," tutur Dr. Surahman Muim yang acap kali berbicara seputar radikal bebas di salah satu radio swasta di bilangan Jakarta Barat.



Radikal bebas yang masuk tubuh secara berlebihan karena kerja fisik sangat berat, membuat antioksidan dalam tubuh kewalahan untuk menangkalnya. Karena itu untuk menghilangkan keletihan fisik yang melibatkan pikiran ada baiknya seseorang membutuhkan jeda sejenak dengan cara mengambil cuti dari pekerjaan dan tinggal di rumah atau pergi berlibur ke luar kota. Kalau anak bisa cuti dari kegiatan belajar sekolah karena musim liburan telah tiba, orang tua yang super sibuk pun perlu mengambil cuti istirahat kerja dengan melakukan liburan bersama dengan anak-anak. Liburan tidak harus dijalani dengan mengunjungi tempat wisata yang mematok tarip mahal, tetapi bisa melakukan aktivitas di dalam rumah, misalnya berkebun, merawat tanaman dan binatang, bersih-bersih rumah, menyiangi rumput yang ada di kebun bahkan pergi memancing bagi Bapak yang hobi memancing.


Pesona wisata Gunung Kidul menyuguhkan keelokan Pantai Sundak sebagai salah satu daerah tujuan wisata pantai.


Dalam peraturan ketenagakerjaan di Indonesia, sudah diatur hak pekerja untuk istirahat setelah bekerja 4 jam berturut-turut diberi libur sehari setelah enam hari bekerja terus menerus. Semua aturan itu dibuat untuk kebutuhan jeda sejenak dari bekerja demi menemukan kesegaran baru bagi tubuh pada saat nanti kembali beraktivitas setelah liburan. Dalam penelitian di State University of New York, Oswego awal tahun 200 yang dimuat di Vegetarian Times sebagaimana dilansir dalam Mind, Body and Soul 3 menyimpulkan bahwa seseorang yang berlibur setiap tahun akan mengurangi risiko kematian akibat penyakit sekitar 20%. Sedangkan risiko akibat penyakit jantung lebih dari 30%.



Hasil survei layak disimak karena dilakukan terhadap 12000 pria berusia 35 - 57 tahun yang berpartisipasi dalam pencegahan penyakit jantung. Hasil survei menunjukkan beberapa sample yang bekerja terus menerus selama 5 tahun tanpa mengambil cuti berlibur akan berpeluang sakit jantung sekalipun karier mereka melesat menduduki posisi tinggi di perusahaan. Ada juga orang yang berlibur sambil berolahraga. Ternyata dengan berolahraga ringan, faktor risiko penyakit bisa dihalau walau sifatnya sementara. Orang yang berlibur akan memiliki waktu lama untuk tidur, membebaskan pikiran dari pekerjaan dan lebih banyak mempunyai waktu luang untuk keluarga. Dampaknya kesehatan jantungpun akan terkontrol dengan baik. Jadi sambil berlibur, meluangkan waktu untuk chek-up kesehatan sangat dianjurkan. Singkat kata berlibur dapat mengurangi tingkat stress bagi pekerja dengan memberi jeda istirahat sejenak bagi tubuh dan pikiran dari stressor sehari-hari di tempat kerja. Jadi manfaatkan libur hari Minggu ini sebaik-baiknya agar tubuh kembali bugar untuk mulai kerja esok hari.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.