ON LINE

Followers

PULAU MARKET DI TENGAH LAUT BALTIK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 29 April 2013

Pulau Market, sebuah area tak berpenghuni di ujung selatan Teluk Bothia, menjangkau batas internasional Finlandia dan Swedia. Market merupakan kosakata Swedia  yang berarti penanda batas. Pulau itu terletak di tengah-tengah batas yang menjadi sumber sengketa.

Penyebab persengketaan karena bentuk pulaunya yang unik. Selain pulaunya unik adanya pembangunan mercusuar pada 1885 oleh orang-orang Rusia di bagian barat pulau itu. Bagian barat pulau itu merupakan wilayah Swedia.
Pulau ini dibagi menjadi dua sejak Treaty of Fredrikshamn (Hamina) th 1809 yg menentukan garis perbatasan antara Swedia & Rusia (yg menguasai Finlandia sejak abad 18 hingga 1917).
Peta Pulau Market dibagi menjadi dua sejak Treaty of Fredrikshamn (Hamina) th 1809 yang menentukan garis perbatasan antara Swedia & Rusia ( menguasai Finlandia sejak abad 18 hingga 1917).
Kisah menarik tentang garis perbatasan di pulau ini. Di pulau ini terdapat bangunan mercusuar di sisi Finlandia sekarang. Ketika mercusuar tsb dibangun Rusia pd 1885, tdk ada peta pulau ini yg jelas & akurat Setelah pembangunan selesai, ternyata diketahui bahwa mercusuar tsb dibangun di wilayah Swedia.
Kisah menarik tentang garis perbatasan di pulau Market. Di pulau ini terdapat bangunan mercusuar di sisi Finlandia sekarang. Ketika mercusuar itu dibangun Rusia tahun 1885, tidak ada peta pulau ini yang jelas dan akurat.  Setelah pembangunan selesai, ternyata diketahui bahwa mercusuar tesebut dibangun di wilayah Swedia.
Pengukuran ulang tsb menghasilkan garis perbatasan yg bisa kita lihat sekarang ini, yg berbentuk seperti huruf Z. Perbatasan ini dicek secara rutin setiap 25 th sekali oleh perwakilan resmi kedua negara. Pengecekan bersama yg terakhir terjadi di bulan Agustus 2006.
Pengukuran ulang menghasilkan garis perbatasan yang bisa kita lihat sekarang ini, berbentuk seperti huruf Z. Perbatasan ini dicek secara rutin setiap 25 tahun sekali oleh perwakilan resmi kedua negara. Pengecekan bersama yang terakhir terjadi di bulan Agustus 2006.
Ketika Finlandia meraih kemerdekaan dari Rusia pada 1917, Swedia tidak pernah mempermasalahkan soal mercusuar itu kepada Rusia. Swedia juga tidak pernah mempersoalkan hal ini kepada Finlandia. Persengketaan akhirnya diselesaikan tahun 1981 dengan cara penyesuaian kembali batas Finlandia.

Sebagai kompensasinya Swedia diberi luas tanah yang sama di pulau itu. Cara ini dianggap cerdik dalam menyelesaikan sengketa pulau yang bentuknya sangat unik. Unik karena merupakan perbatasan dengan konfigurasi teraneh di muka bumi.

Daratan paling barat Finlandia ada di pulau Market. Dengan panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 150 meter dan luas wilayah sebesar 0,03 km2, menjadikan Market pulau terkecil di lautan yang dimiliki bersama oleh Swedia dan Finlandina. Pulau Market dibagi menjadi dua sejak Treaty of  Fredrikshamn ( Hamina ) tahun 1809 yang menentukan garis perbatasan antara Swedia dan Rusia yang menguasai Finlandia sejak abad 18 hingga 1917.

( Sumber : Geo Weeks/rendyramadhan ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.