ON LINE

Followers

ORANGUTAN DAPAT MENGOBATI DIRI SENDIRI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 29 April 2013

Orangutan di alam dapat mengobati diri sendiri dengan makan buah-buahan dan dedaunan tertentu. Demikian hasil riset orangutan yang dilakukan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada dan Universitas Masaryk, Ceko. Kedua perguruan tinggi tersebut melaksanakan riset bersama penyakit malaria dan parasit pada orangutan.

Riset parasitologi orangutan dilakukan di Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara dan hutan Kalimantan Tengah. Orangutan di Kalimantan dikenal sangat cerdik. Bila tersengat lebah hutan yang panas dan mengalami bengkak, primata tersebut segera turun dari pohon dan mengambil sejenis tanaman pandan hutan.
Ivona Foitova peneliti dari Universitas Massaryk Ceko.
Ivona Foitova peneliti dari Universitas Massaryk Ceko.
Tanaman pandan hutan kemudian dikunyah dan dikeluarkan lagi untuk ditempelkan di bekas luka gigitan lebah. Dalam waktu singkat, luka tersebut sembuh. Dalam penelitian ini juga dikaji banyak aspek terkait tanaman obat di hutan dan pemanfaatan untuk penyembuhan penyakit pada orangutan.

" Penemuan tanaman obat dari hutan dapat diaplikasikan pada manusia sebagai bentuk kearifan lokal yang telah berkembang di masyarakat sekitar hutan tempat orangutan berada. Masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah telah mempraktekkan pengobatan itu, " kata peneliti dari Sains Universitas Masaryk, Ivona Foitova.

Peneliti parasitologi dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, R. Wisnu Nurcahyo mengatakan, penelitian yang dilakukan sejak tahun 1999 telah menemukan berbagai macam parasit pada orangutan. Beberapa di antaranya jenis baru seperti Strongyloides sp, Mammomonogamus sp, Chilomastix mesnili, Endolimax nana, Troglodytella abrassarti, Pongobius  hugoti, Balantidium coli dan Lemuricola pongoi.
Saat tengah bergelantungan di pucuk pohon tinggi terkadang orangutan tersengat lebah hutan. Dalam kondisi darurat, orangutan mengunyah tanaman pandan hutan, lalu menempelkan kunyahan daun pandan ke bekas gigitan lebah hutan.
Saat tengah bergelantungan di pucuk pohon tinggi terkadang orangutan tersengat lebah hutan. Dalam kondisi darurat, orangutan mengunyah tanaman pandan hutan, lalu menempelkan kunyahan daun pandan ke bekas gigitan lebah hutan.
Tim peneliti FKH UGM dan Universitas  Masaryk saat ini tengah berkonsentrasi meneliti malaria pada orangutan yang diduga dari spesies Plasmodium knowlesi yang dapat menular ke manusia ( zoonosis ). " Akibatnya sangat fatal bila malaria ini melalui nyamuk menginfeksi manusia, " kata Wisnu Nurcahyo di Yogyakarta, Rabu ( 13/3 ).

( UGM.ACID/ELN ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.