ON LINE

Followers

PEWARNA ALAMI DARI DAUN JAMBU BIJI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 05 April 2013

Daun jambu biji ( Psidium guajava Linn ) dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk kain. " Daun jambu biji mengandung antosianin, seperti cyanidin-3-sophoriside dan cyanidin-3-glucoside. Daun jambu biji juga mengandung flavan 3,4 - diols yang tergolong senyawa tanin, " kata Senja Dewi Utaminingsih, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ), sebagaimana dikutip situs UNY, Kamis ( 14/2 ).

Penelitian dilakukan Senja bersama Pambudi Tedjo Yr, Saryana dan Ragil Nurjannah R. Zat warna yang diperoleh berwarna hijau kecoklatan. Warna hijau diduga dari klorofil di daun. Warna coklat diduga dari golongan flavonoid, salah satunya flavan3,4-diols.
Selain daunnya bermanfaat untuk pewarna alami, buah jambu biji juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini pernah diteliti oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad India.
Selain daunnya bermanfaat untuk pewarna alami, buah jambu biji juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini pernah diteliti oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad India.
Senyawa-senyawa itu dapat dipisahkan melalui metode kromatografi kolom. " Kami berharap penelitian ini dapat memberikan alternatif pengganti zat pewarna kimia. Selain mencemari lingkungan, zat pewarna kimia diperkirakan bisa menimbulkan kanker pada pemakainya, " kata Senja. Dari 50 gram daun biji kering, dihasilkan 10,24 gram pasta zat warna 

( UNY.AC.ID/ELN ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.