ON LINE

Followers

LEMBAH ANTARTIKA, TEMPAT TERDINGIN DI BUMI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 21 Desember 2013

Tempat terdingin di Bumi ada di Benua Antartika, tepatnya di lembah antara Kubah Argus dan Kubah Fuji, dua puncak gunung di Dataran Tinggi Antartika Timur. Suhunya minus 93,2 derajat celcius pada 10 Agustus 2010, puncak musim dingin di  belahan Bumi selatan. Suhu itu diukur dari radiasi termal yang dipancarkan Bumi yang dilakukan Satelit Landstat 8.

Ini jauh lebih dingin dibandingkan suhu terdingin di Alaska atau Siberia, Rusia. " Suhu rata-rata kedua tempat itu tercatat  - (minus) 67,8 derajat Celcius. Suhu di kedua kota itu  relatif konstan antara tahun 1892 hingga 1933. Perbedaannya beberapa puluh derajat, " kata Ted Scambos, pemimpin peneliti di Pusat Data Salju dan Es Nasional di Colorado, AS, seperti dikutip Livescience, Senin ( 9/12 ).


Dimanakah tempat terdingin di dunia ?, tepatnya di dataran tinggi Antartik Timur, dome (kubah) Argus dan dome (kubah) Fuji,  Kutub Selatan, seperti pada gambar foto diatas. sumber : science.nasa.gov
Dimanakah tempat terdingin di dunia ? Tepatnya di dataran tinggi Antartika Timur, terletak dome (kubah) Argus dan dome (kubah) Fuji, Kutub Selatan, seperti pada gambar foto diatas. Sumber : science.nasa.gov
Udara terdingin itu dari udara di puncak gunung yang turun ke lembah. Udara itu sebenarnya menuju ke laut. Namun, dorongan udara dari laut membuat udara terdorong lagi ke puncak.

Dorongan  udara dari puncak gunung dan laut itu membuat udara terjebak di lembah. Suhu terendah itu tak akan dicatat buku rekor karena Badan Meteorologi Dunia menentukan pencatatan suhu harus diukur di beberapa meter di atas muka tanah.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW.

Video animasi suhu terdingin di lembah Kubah Argus dan Kubah Fuji  dilansir oleh NASA ( 9/12/13 ) :
[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Hp6wMUVb23c]

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.