ON LINE

Followers

KULIT JAGUNG BISA JADI PLASTIK RAMAH LINGKUNGAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 10 Desember 2013

Kulit jagung dapat dijadikan plastik ramah lingkungan. Selama ini, kulit jagung lebih banyak digunakan sebagap pakan ternak. Selain pakan ternak, kulit jagung juga dimanfaatkan untuk pembungkus makanan tradisional, dan kerajinan tradisional. Padahal, kulit jagung memiliki potensi yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Proses pembuatan plastik dimulai dari pengeringan kulit jagung dengan oven pada suhu 60 derajat celsius selama 8 jam. Setelah kering, kulit jagung digiling menjadi tepung. Hasil penggilingan lalu dicampur dengan bijih plastik dan asam oleat menggunakan mesin ekstrusi.


Kulit jagung basah setelah kering bisa dijadikan bahan hiasan bungan kering selain manfaat lain, yaitu plastik ramah lingkungan.
Kulit jagung basah setelah dikeringkan bisa dijadikan bahan pembuat hiasan bunga kering selain manfaat lain, yaitu plastik ramah lingkungan.
Hasil akhir lalu dipres membentuk bioplastik dari kulit jagung. Pemanfaatan kulit jagung untuk plastik dikembangkan mahasiswa Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor. Mereka adalah Made Dirgantara, Miko Saputra, Eni Septi Wahyuni, dan Muhammad Khalid.

Siaran pers pekan lalu mengatakan plastik dari kulit jagung itu dapat terurai oleh mikroba dalam waktu dua bulan sehingga lebih aman lingkungan.

Sumber Kilas Iptek : ( */ ELN )

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.