ON LINE

Followers

PUERTO RIKO BISA MENJADI NEGARA BERDAULAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 18 September 2013

Kekalahan Spanyol dalam perang Spanyol - Amerika tahun 1898 membuahkan Traktat Paris yang memaksa Spanyol menyerahkan Puerto Riko, Guam, dan Philipina kepada Amerika Serikat. Selanjutnya warga Puerto Riko diberi kewarganegaraan Amerika pada tahun 1917.

Tahun 1952 para pemilih meratifikasi konstitusi dan mendirikan pemerintahan demokratis mengikuti sistem pemerintahan di Amerika Serikat. Meskipun telah memiliki pemerintahan sendiri, Puerto Riko menikmati otonomi terbatas.

Karena tetap merupakan teritori Amerika Serikat, sebagian besar aspek kehidupan keseharian wilayah kepulauan ini dikontrol konggres Amerika Serikat. Isu  kemerdekaan dan kemungkinan status sebagai negara berdaulat telah menjadi perdebatan di Konggres dan Perserikatan Bangsa-bangsa.
Tahun 2010, DPR Amerika Serikat meloloskan syarat-syarat bagi Puerto Riko untuk menentukan nasib sendiri. Namun, rancangan itu kandas di Senat Amerika Serikat.


Salah satu penggal jalan dengan kontur menanjak di San Juan yang tenang.
Salah satu penggal jalan perkampungan dengan kontur menanjak di San Juan yang tenang. Foto oleh : Taylor S. Kennedy.
map_of_puerto-rico
Tahun 2012, referendum yang tak mengikat menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Puerto Riko, yang jumlahnya sekitar 3,6 juta orang, ingin status teritori diakhiri dan memilih menjadi negara berdaulat.
Akibatnya proses referendum itu dipertanyakan. Selanjutnya awal tahun ini, Gedung Putih mengumumkan bahwa Pemerintahan Federasi mencari dana untuk melaksanakan referendum.

Sumber : Geo Weeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.