ON LINE

Followers

KAPAL PUKAT UDANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 24 September 2013

Kapal pukat udang seperti yang terlihat di gambar masih sering kita lihat di sepanjang pesisir pantai. Namun, jumlahnya terus menyusut dibandingkan dengan pada masa lalu. Kenapa kapal ini sekarang jarang terlihat mengapung di lautan Norwergia ?

Pasalnya, kapal-kapal kecil pencari ikan ini pertama kali dibuat di Norwegia. Selanjutnya kapal diimpor ke Amerika Serikat di awal tahun 1900 - an pada saat pasar ikan dan udang terus meningkat. Dimulai dari Fernandina kapal juga dilayarkan ke Florida, terus meluas ke Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko dan akhirnya mencapai Samudra Pasifik.


Ilustrasi Kapal Pukat Udang. Pukat udang adalah jenis jaring berbentuk kantong dengan sasaran tangkapannya udang. Jaring dilengkapi sepasang (2 buah) papan pembuka mulut jaring (otter board) dan Turtle Excluder Device/TED, tujuan utamanya untuk menangkap udang dan ikan dasar (demersal), yang dalam pengoperasiannya menyapu dasar perairan dan hanya boleh ditarik oleh satu kapal motor.
Ilustrasi : Pukat udang adalah jenis jaring berbentuk kantong dengan sasaran tangkapannya udang. Jaring dilengkapi sepasang (2 buah) papan pembuka mulut jaring (otter board) dan Turtle Excluder Device/TED, tujuan utamanya untuk menangkap udang dan ikan dasar (demersal), yang dalam pengoperasiannya menyapu dasar perairan dan hanya boleh ditarik oleh satu kapal motor.
Sampai tahun 1930 - an, lebih dari 90 persen panen udang di Amerika dihasilkan berkat penggunaan kapal pukat ini. Kapal pukat ini dikenal juga sebagai pukat berang-berang, penyekat kayu yang membuat jaring tangkapan membuka untuk menyerok udang. Berkat keberhasilannya memanen udang, kapal pukat digunakan nelayan di seluruh dunia.

Meski demikian, persaingan harga udang di pasar dunia, tingginya biaya bahan bakar dan peralatan, serta hilangnya sejumlah infrastruktur di perikanan pesisir, merupakan faktor-faktor yang membuat jumlah nelayan udang di Amerika Serikat terus menyusut. Saat ini, hanya sedikit pukat yang masih terus beroperasi. Ironisnya, industri perudangan tetap sehat sekalipun pukat udang menyusut.

Sumber : Geo Weeks / kapi.kkp.go.id.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.