ON LINE

Followers

SEHAT DI HARI MINGGU 2.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 14 November 2010

MINUM SUSU.

Peranan kalsium sangat menentukan bagi pertumbuhan tulang dan gigi sejak anak balita hingga dewasa sudah kita pahami bersama. Tinggal bagaimana aplikasinya agar kita tetap mempunyai tulang dan gigi yang baik sepanjang hidup ini. Tulang yang padat tidak mudah keropos dimakan usia dan gigi tetap utuh tidak tanggal satu per satu, sangat perlu kita pelihara dengan seksama yang salah satu caranya dengan minum susu.


Membiasakan diri minum susu selain daging dan makanan mengandung protein tinggi, sudah harus dilakukan sejak anak balita. Mengonsumsi banyak produk susu, daging serta makanan mengandung protein tinggi semasa kanak-kanak, akan membuat tulang kuat dan sehat pada masa remaja. Hal itu diungkap sebuah penelitian di New York dalam Journal of Pediatric sebagaimana dilansir oleh Republika On Line dua tahun lalu dan masih sangat relevan hingga kini sebagai suluh penerang bagi kesehatan tulang dan gigi setiap manusia sejak balita hingga dewasa.

"Anak laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi sedikitnya dua porsi dari produk susu per hari selama masa anak-anak, memiliki tulang yang lebih kuat pada masa remaja dibandingkan teman sebayanya yang mengonsumsi lebih sedikit," kata Dr. Lynn L. Moore dari Boston University School of Medicine dan tim peneliti. Makan empat porsi atau lebih daging dan makanan protein tinggi juga akan meningkatkan kepadatan tulang.

Dia menuturkan, " Karena penelitian itu bersifat jangka pendek, hanya sekitar 1-2 tahun, maka para peneliti menekankan, bukti terbaik untuk produk susu akan tampak pada pola makan yang teratur selama beberapa tahun, " katanya.
Para peneliti menganalisa data dari penelitian anak Framingham yang dilakukan terhadap 106 anak sejak tahun 1987 ketika berusia 3-5 tahun hingga tahun 1999. Setiap tiga hari, anak-anak tersebut diberikan produk susu sesuai dengan kelompoknya. Kemudian para partisipan diminta untuk melakukan scan tulang pada usia 15-17 tahun.

Penelitian pada partisipan yang mengonsumsi sekitar dua atau tiga kali produk susu per hari saat anak-anak terbukti memiliki tulang dengan kandungan mineral yang lebih tinggi, kepadatan tulang yang lebih baik dan area tulang yang lebih luas dibandingkan yang mengonsumsi lebih sedikit.
Anak-anak yang mengonsumsi empat kali atau lebih porsi daging atau makanan protein tinggi lainnya juga memiliki tulang yang lebih padat.
Produk susu dan protein tampaknya juga memiliki pengaruh tambahan terhadap anak yang mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut yaitu tulang yang lebih padat dan besar.
Bagi yang kurang konsumsi, memiliki tulang yang lebih tipis.

Keuntungan lain juga tampak pada beberapa bagian lain pada tubuh secara khusus yaitu, tulang yang memiliki kandungan mineral lebih tinggi di bagian tangan, kaki, tulang belakang, tulang rusuk dan tulang pinggul.
"Hasil penelitian itu mengonfirmasi pentingnya pola makan anak-anak yang disertai produk susu dan sumber protein lain untuk kekuatan tulang pada masa remaja," ujar Moore. Begitu pentingnya susu untuk kesehatan terlebih lagi Air Susu Ibu, maka memberi ASI Eksklusif bagi si buah hati selama 2 tahun ke depan harus dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan. Tidak ada alasan buah dada tampak jelek karena puting susu dihisap terus oleh si buah hati.

Sumber : Reuters/ri di Republika Online.

1 Responses to SEHAT DI HARI MINGGU 2.

  1. MONOKROM Says:
  2. Ayo galakkan gerakan untuk mengkonsumsi susu.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.