ON LINE

Followers

SEHAT DI HARI MINGGU 1.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 07 November 2010

PROLOG KESEHATAN.


Sahabat sehat dengan kundalini reiki jumpa di hari minggu nan cerah ini. Apakah anda masih ingat dengan istilah tangan besi yang dialamatkan kepada Margaret Hilda Thatcher? Dia dilahirkan di Grantham, Lincolnshire Inggris 13 Oktober 1925. Jadi saat ini beliau telah berusia 85 tahun. Ia naik ke tampuk pemerintahan sebagai Perdana Menteri Britania Raya pada tahun 1979 dan lengser dari tahtanya tahun 1990.

Sebagai Perdana Menteri Britania Raya yang terpanjang masa jabatannya di abad ke-20 ini, merupakan satu-satunya perempuan yang menduduki jabatan tersebut serta menjadi pemimpin sebuah partai politik besar di Britania Raya. Ia adalah salah satu tokoh penting di abad ini. Filosofi politiknya kemudian dikenal sebagai Thatcherisme. Jauh sebelum menjabat, ia sudah dikenal luas oleh lawan politiknya sebagai " Wanita Besi " ( Iron Lady ) di media Uni Soviet karena penentangannya terhadap komunisme.


Wanita tangan besi saat ini sedang sakit karena usia tua. Tangan besi yang pernah dimilikinya sebagai sebutan bagi seorang yang sangat berkuasa di Inggris telah ditanggalkannya dan kembali menjadi seorang ibu rumah tangga biasa dengan sebutan mantan pejabat Perdana Menteri. Tangan besi yang pernah dimilikinya boleh jadi bersinergi dengan kesehatan tubuhnya tatkala ia masih aktip menjabat. Artinya beliau juga aktip menjaga kesehatan tubuhnya utamanya menjaga kesehatan tulang tubuhnya agar tetap kuat, sehat tidak mudah keropos dan tetap keras layaknya besi.


Namun hukum alam akan berlaku kepada siapa saja yang hidup di muka bumi ini. Semuanya tidak kekal. Ada kalanya kuat tapi di lain waktu ada pula yang lemah. Termasuk di sini lemahnya tulang karena proses pengeroposan tulang yang bisa dialami oleh siapa pun termasuk saya, sehat dengan kundalini reiki. Karena itulah...dalam proses menuju tua tidak ada salahnya kita saling berbagi tips seputar kesehatan tulang yang sudah sering kita dengar lewat penyuluhan ahli kesehatan tulang lewat mass media termasuk lewat forum kesehatan di internet.


Kembali ke sosok wanita apakah dia wanita karier seperti Margharet Thatcher tadi atau wanita biasa alias ibu rumah tangga, sebenarnya di balik sosoknya yang lemah lembut, wanita adalah seorang mahkluk yang perkasa. Peran dan tanggung jawabnya dalam mengelola keluarga sangat besar. Apalagi bila dia bekerja untuk membantu menopang keuangan keluarga.


Seorang ibu rumah tangga harus bangun pagi lebih awal untuk mempersiapkan sarapan bagi keluarga. Selanjutnya ia harus buru-buru berangkat bekerja dan kembali ke rumah tatkala senja telah tiba. Apakah selepas tiba di rumah ia dapat langsung santai duduk manis? Bisa ya bisa tidak. Artinya tergantung kepada suasana rumah.


Bila ia mempunyai pembantu rumah tangga tentu pekerjaan rumah tangga yang telah ditinggalkannya seharian keluar rumah sudah rapi dibereskan oleh pembantu. Namun bila ia tidak mempunyai pembantu rumah tangga, maka bersiap-siaplah ia mempersiapkan makan malam bagi anggota keluarga. Belum lagi bila ia mempunyai anak balita yang merengek minta perhatian setelah seharian ditinggal keluar rumah untuk bekerja.


Boleh jadi dengan peran gandanya sebagai seorang ibu rumah tangga merangkap sebagai karyawan adakalanya ada sesuatu yang mulai terjadi pada dirinya alias problem kesehatan tubuh yang harus diamati lebih serius lagi. Sehebat apapun manusia ada kalanya ia harus mulai mendengarkan suara tubuh. Contohnya peringatan dini seperti halnya bahaya tsunami yang mengancam penduduk sepanjang pantai, peringatan dini pada tubuh manusia pun mulai bereaksi. Misalnya tubuh ditandai dengan rasa pegal, linu dan nyeri menjadi tanda karena kerja keras. Lalu kurang olahraga, kekurangan kalsium sebagai gejala awal munculnya osteoporosis. Gejala yang terahir inilah yang perlu diwaspadai mulai sekarang ini.


OSTEOPOROSIS DAN PERANAN KALSIUM.



Menurut fitur klasika kompas Minggu ( 17/10 ) yang membahas masalah kesehatan tulang manusia, pada umumnya osteoporosis atau kekeroposan tulang adalah kondisi dimana massa tulang menurun sehingga tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah. Kekurangan kalsium, faktor keturunan, kekurangan vitamin D, kurang olahraga, jenis kelamin, kegemukan, gaya hidup merokok, konsumsi garam, kopi, alkohol yang berlebihan, serta masuk monopause merupakan faktor awal penyebab osteoporosis.


Osteoporosis dapat terjadi pada siapa pun baik pria atau wanita tanpa kecuali kepada wanita tangguh bertangan besi Margharet Thatcher tadi. Karena tulang wanita lebih kecil dan tidak sekuat tulang pria dan wanita mengalami monopause di usia 45 tahunan, maka wanita mempunyai resiko terkena osteoporosis lebih besar dibanding pria. Agar terhindar dari gejala awal pengeroposan tulang maka kalsium sebagai pembentuk tulang berperan sangat penting bagi kesehatan tulang.


PADAT: Konsumsi produk susu dan makanan protein tinggi di masa anak-anak dapat membentuk tulang yang lebih padat dan kuat pada masa remaja. Father Sharing Glass of Milk with Daughters — Image by Randy Faris/Corbis.


Selain itu kalsium juga berperan agar jantung, sistem syaraf, kerja otot, dan proses pembekuan darah berjalan dengan baik sebagai mana mestinya. Tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri sehingga untuk memenuhi kebutuhan tubuh, manusia harus mengkonsumsi kalsium yang cukup dari makanan yang kita makan setiap harinya. Lalu makanan apa yang sekiranya dapat membantu membentuk kalsium secara terus menerus agar tulang kita tetap sehat dan kuat?


Kalsium dapat diperoleh dari makanan sehari-hari seperti susu, keju, ikan teri, ikan sarden, bayam, brokoli, tahu dan tempe. Susu dikenal sebagai sumber kalsium yang terbaik, selain itu kalsium alami dari susu lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan kalsium lain. Yang lebih memprihatinkan....masih menurut fitur klasika kompas menyebutkan, konsumsi kalsium rata-rata orang Indonesia sangat rendah, yaitu hanya 254 mg per hari. Jumlah ini belum mencukupi kebutuhan harian kalsium tubuh seperti yang dianjurkan oleh para ahli.


Berdasarkan anjuran ahli kesehatan Amerika, kebutuhan harian kalsium orang dewasa adalah 800 mg per hari. Untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh, serta membantu mencegah osteoporosis, seseorang harus mengkonsumsi sedikitnya 800 mg kalsium setiap hari. Untuk menjalankan fungsi tubuh sebagaimana mestinya maka darah akan mengambil kalsium dari tulang. Bila hal ini terjadi terus menerus maka kalsium di tulang akan berkurang banyak dan sehingga tulang akan menjadi tipis, rapuh dan mudah patah.


Agar tidak mudah patah alias keropos, ada baiknya sejak sekarang ini mulai memperhatikan adanya kecukupan kalsium yang ada dalam makanan. Sebelum bahan makanan pembentuk kalsium di atas tadi Anda makan, ada baiknya....bagi sahabat sehat dengan kundalini reiki lebih dulu mengalirkan energi reiki kundalini ke makanan tersebut agar tetap bersih zatnya, bahannya, wadah pengolahannya, suci dan halal tentunya. Harapannya semoga semua sahabat tetap sehat setiap hari sampai usia tua nantinya. Mudah-mudahan.....



























0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.