ON LINE

Followers

REUNI KELUARGA DUA KOREA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 10 November 2010

Ratusan anggota keluarga Korea Selatan dan Korea Utara yang terpisah karena perang Korea, akhirnya dapat bertemu dan berkumpul di resor Gunung Kumgang Korea Utara ( 01/11 ) lalu. Reuni keluarga yang difasilitasi Palang Merah ke dua negara itu sempat terancam batal karena insiden penembakan oleh tentara Korea Utara. Program reuni keluarga Korea Selatan dan Utara yang terpisah karena perang itu telah berlangsung selama sepuluh tahun terakhir dan pesertanya dijadwal secara bergilir.



Hingga saat ini sudah sekitar 20 ribu warga Korea Selatan yang mendapat kesempatan reuni dengan sanak keluarga mereka yang tinggal di Korea Utara dan sekitar 80 ribu lagi masih menunggu kesempatan reuni di waktu mendatang. Reuni kali ini sekitar 430 warga Korea Selatan mendapat kesempatan bertemu dan berkumpul dengan sekitar 100 warga Korea Utara yang menjadi sanak saudara mereka di resor Gunung Kumgang selama tiga hari. Resor Gunung Kumgang yang hanya berjarak beberapa kilometer dari garis perbatasan dua Korea ini, selama ini menjadi salah satu tempat acara reuni keluarga dua Korea yang terpisah bertahun-tahun.



Reuni dua anggota keluarga Korea Utara-Selatan yang terpisah beberapa tahun lalu. Anggota keluarga menangis saat mereka melihat satu sama lain untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, tanpa surat-menyurat, telepon, atau email.


Suasana haru dan mencekam terlihat jelas di wajah para peserta reuni yang umumnya telah berusia lanjut. Saat mereka harus mengucapkan selamat tinggal karena waktu reuni tiga hari telah selesai, air mata bercucuran pada keluarga reuni kedua Korea itu. Kim Seon Ah warga Korea Utara yang sudah berusia 80 tahun harus menenangkan adiknya warga Korea Selatan yang terus menangis, seraya mengatakan suatu hari pasti akan bertemu lagi.



Para warga usia lanjut menyentuh telapak tangan mereka ke anggota keluarga yang berada di sisi lain jendela bis saat mereka meninggalkan Gunung Kumgang, demikian dilaporkan kantor berita Korea Selatan Yonhap dari tempat peristirahatan di pantai timur tersebut. "Saya menyayangimu! Saya menyayangimu!" teriak seorang wanita Korsel kepada anggota keluarganya di Korut di atas bis saat bis bersiap meninggalkan pusat reuni itu. Yonhap melaporkan tangis penyesalan makin pecah di tengah 430 anggota keluarga Korsel saat bis akhirnya beranjak pergi, beberapa terduduk di tanah dan tangis pun kembali pecah.



Ratusan dari ribuan warga terpisah saat perang Korea 1950-1953 dan reuni yang hanya sesekali itu hanya mempertemukan sedikit dari mereka yang sangat merindukan berita dari anak-anak, keluarga, saudara laki-laki, dan saudara perempuan mereka. Tidak ada hubungan surat atau telepon antarwarga lintas perbatasan yang dijaga dengan ketat. Banyak warga yang bahkan tidak tahu apakah keluarganya masih hidup atau sudah mati. Acara reuni keluarga dua Korea di resor Gunung Kumgang ini sempat terancam batal karena insiden penembakan ke udara oleh tentara Korea Utara yang dibalas oleh tentara Korea Selatan.



Sumber : Reuters/South and Nort Korea Reunion.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.