ON LINE

Followers

MALTA NEGARA KECIL KEENAM DI DUNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 06 November 2010

Malta negera pulau di Laut Mediterania, dikenal sebagai Melite saat Paul memerintah pulau itu sekitar tahun 59 sesudah Masehi. Warisan Kristiani berperan besar dalam perkembangan negara itu. Agama Katolik sampai saat ini menjadi agama resmi dan dominan di negara pulau itu.



Letaknya sungguh strategis di Mediterania membuat kepulauan kecil tersebut sejak lama menjadi pion suksesi kekuasaan di wilayah itu. Bangsa-bangsa Fenisia ( phoenicians ), Yunani, Romawi, Fatimiyah, Sicilia, John sang Ksatria, Perancis dan Inggris pernah memerintah Malta. Tahun 1964 Malta meraih kemerdekaannya dari Inggris dan menjadi republik satu dekade kemudian. Malta tetap menjadi anggota negara-negara persemakmuran dan bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004.



Menurut situs GeoWeek sebagaimana dilansir oleh Kompas Minggu ( 17/10 ) menyatakan Bangsa Malta menjalankan sistem parlemen nasional yang mirip dengan Inggris. Tahun 1993 mereka juga menerapkan sistem pemerintahan daerah yang terdiri dari 64 dewan lokal ( mirip kabupaten ) dan 16 dusun yang tersebar di tiga pulau yaitu Malta, Gozo dan Comino. Perdagangan asing yang mengandalkan perkapalan, bersama-sama pariwisata dan produksi film, merupakan jantung ekonomi Malta.


Malta – 122 mil persegi – Negara ini terletak di sebelah selatan pulau Sicilia Italia. Merdeka pada tahun 1964 dari Inggris dan memiliki 400.000 penduduk.

Kota Zaghra di Gozo Malta, yang memenangkan sayembara penulisan pariwisata sangat dekat dengan pulau utama Malta, terlihat berundak-undak bangunan permukimannya. Photo: JULIAN SIMMOND.


Pulau ini juga menjadi lokasi sejumlah bank asing. Satu-satunya sumber daya alam Malta adalah batu kapur. Namun saat ini negara itu berharap bisa melakukan eksplorasi tambang minyak bersama-sama dengan Tunisia. Meskipun Malta merupakan negara terkecil keenam di dunia, negara ini memiliki tiga situs warisan dunia Unesco, termasuk kuil megalitik. Kuil yang dibangun dari batu-batu prasejarah itu merupakan struktur batuan berdiri yang tertua di bumi.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.