ON LINE

Followers

MERAPI KEMBALI MUNTAH AWAN PANAS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 05 November 2010

Gunung Merapi yang kembali meletus Jumat dinihari ( 05/11 ) kembali memuntahkan awan panas dan meluluhlantakkan kawasan di sekitar gunung. Letusan kali ini merupakan yang paling dahsyat sejak tahun 1870. Korban tewas hingga Jumat pagi tadi sudah mencapai angka 30 orang, kemungkinan korban tewas akan terus bertambah karena para korban mengalami luka bakar cukup banyak dan harus memerlukan pertolongan segera untuk menyelamatkan jiwanya.



Awan panas yang dimuntahkan gunung Merapi menerjang sangat kuat hingga ketinggian 8 kilometer di saat banyak warga desa sedang tertidur lelap. Dusun-dusun yang berada di kecamatan Cangkringan Sleman luluh lantak dan sebagian rumah yang terletak 17 kilometer dari puncak Merapi hangus terbakar. Awan panas menerjang beberapa menit sebelum tengah malam. Penduduk yang tinggal di zona aman berjarak sekitar 17 km dari Merapi ternyata juga kena semburan awan wedhus gembel. Di daerah itu banyak warga tidak mengungsi karena merasa masih dalam jangkauan daerah aman.


Gunung Merapi memuntahkan material vulkanik, terlihat dari Klaten, Kamis (4/11). (AP Photo/Irwin Fedriansyah).

Penduduk menyelamatkan diri dengan motor setelah Gunung Merapi meletus lagi, Jumat (5/11). Pemerintah meluaskan zona bahaya menjadi 20 kilometer dari pusat kawah Merapi. (AP Photo/Achmad Ibrahim).

Tim penyelamat mencari korban Merapi di Argomulyo, Yogyakarta, Jumat (5/11). (AP Photo/Trisnadi).

Tim relawan dan tentara di Argomulyo lari menyelamatkan diri setelah Merapi kembali meletus, Jumat (5/11). (AP Photo/Trisnadi).


Kini daerah aman diperluas hingga 20 kilometer. Jumlah pengungsian pun kini mencapai 62.500 orang yang kini memadati pendopo Kabupaten Klaten. Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM menyatakan desa-desa yang berada di areal 15 km dari puncak Merapi harus dievakuasi yaitu 8 desa di kabupaten Sleman, 17 desa di kabupaten Magelang, Boyolali 3 desa dan kota Klaten 4 desa. Jumlah korban tewas terus bertambah sementara korban luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit Dokter Sarjito mencapai 63 orang.



Menurut informasi dari tim SAR diduga masih banyak korban yang berada di dusun-dusun tersebut. Karena itu tim berencana kembali ke atas untuk mengevakuasi korban yang belum ditemukan dan korban luka lainnya yang masih hidup. Dampak hujan abu Merapi juga telah menyebar meluas hingga wilayah Jawa Barat seperti kota Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut dan kabupaten Bandung.


Sebuah pesawat, berselimut abu vulkanik, diparkir di bandara internasional Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (5/11). Bandara yang landasannya tertutup abu putih harus ditutup. (AP Photo/Irwin Fedriansyah).

Masyarakat melakukan aktivitas menggunakan masker saat melintas di Jalan Pangeran Diponegoro, Yogyakarta, Jumat (5/11). Erupsi Gunung Merapi yang kembali terjadi pada Kamis (5/11) mengeluarkan debu vulkanik yang menyelimuti Kota Yogyakarta, sehingga masyarakat diimbau menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan akibat debu vulkanik. (Foto ANTARA Wahyu Putro A).

Seorang anak berjalan di antara pohon yang tumbang di jalan lingkar Muntilan, Jawa Tengah, Jumat (5/11). Banyak pohon tumbang di beberapa wilayah Muntilan akibat hujan abu vulkanik dari Gunung Merapi. (Foto ANTARA/Wihdan Hidayat).


Sumber : Warta Siang /Photo by : Yahoo News Room.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.