ON LINE

Followers

UANG KERTAS MAINAN UNTUK BAYAR ONGKOS BUS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 06 Juni 2014

Sering kita dapati uang kertas mainan yang sepintas mirip dengan uang kertas asli digunakan anak-anak untuk transaksi jual beli mainan. Ukuran uang kertas mainan ini ada yang persis sama ukurannya dengan uang kertas asli, bahkan corak warna pun meniru uang kertas asli. Akibatnya, jika kita tidak teliti melihat perbedan antara uang kertas asli dan mainan, banyak yang terkecoh dan mengira uang mainan itu benar-benar asli.

Karena mirip dengan aslinya, orang iseng sering memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk memperdayai korbannya. Salah satu korban adalah seorang pengemudi bus kota bernama He asal kota Chongqing China. Ia mengemudikan bus kotanya tanpa didampingi kondektur yang bertugas menarik ongkos penumpang.

Sebagai ganti kondektur He menaruh kotak pembayaran bus yang diletakkan dekat pintu keluar busnya. Penumpang yang hendak turun sesuai dengan tujuannya, langsung memasukkan ongkos ke dalam kotak. Tentu saja sopir He tidak bisa mengamati langsung penumpang memasukkan uang kertas ke kotak bayaran.

Ia  sibuk memperhatikan lalu lintas di depannya agar tak menyenggol kendaraan lain, jika sebentar-bentar melihat penumpang busnya memasukkan ongkos ke dalam kotak. Kondisi inilah yang dimanfaatkan penumpang iseng untuk memperdayainya dengan cara memasukkan uang kertas mainan ke dalam kotak. Setiap hari He sering menemukan setumpuk uang kertas mainan di kotak pembayaran bus kota Chongqing, Tiongkok.
The cashes mainan, tampak cukup sama dengan catatan bank real, ditemukan di kotak tarif bus. (Sumber Foto: Chongqing Morning News)
Uang kertas yuan mainan, sekilas mirip sama dengan uang kertas yuan asli. Uang mainan ini sering ditemukan di kotak pembayaran bus kota Chongqing yang dikemudikan He. Penumpang iseng sering membayar ongkos bus dengan uang kertas yuan mainan. Foto by : Chongqing Morning News.
Pengemudi He mengatakan, sebagian penumpang membayar dengan uang kertas bertuliskan Bank Anak-anak Tiongkok.  Uang kertas mainan ini ada yang bernilai 0.5 - 10 yuan biasa digunakan ibu guru untuk mengajar murid taman kanak-kanak. Meskipun di sudut kiri  lembaran uang kertas terdapat tulisan untuk keperluan guru, sekilas uang itu sulit dibedakan dengan mata uang asli.

"Ada penumpang yang mengambil kesempatan dengan memasukkan uang kertas mainan ini ke dalam kotak pembayaran, " kata He kepada Harian Chongqing Morning Post, seperti dikutip laman Global Times. Yang menjengkelkan, ada penumpang  yang membayar dengan uang kertas mainan 10 yuan dan mengambil kembalian sembilan lembar uang yuan asli masing-masing lembar senilai 1 yuan. Akibatnya perusahaan bus kota nomer I Chongqing rata-rata mengumpulkan 140 yuan tak terpakai, 15 persen di antaranya uang mainan.

AP / Global Times.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.