ON LINE

Followers

SATELIT PENDETEKSI LETUSAN GUNUNG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 02 Juni 2014

Pengamatan gunung api yang akan meletus kini tak hanya menggunakan peralatan di Bumi, tetapi juga satelit pemantau deformasi di sekitar gunung api. Deformasi menandakan terjadinya pergerakan magma di bawah permukaan tanah. " Terjadinya deformasi tidak selalu menandakan akan meletusnya gunung api, " kata ahli kebumian dari Universitas Bristol, Inggris, Susanna Ebmeler, seperti dikutip Livescience, Sabtu( 19/4 ).

Satelit itu sudah memantau deformasi pada 198 gunung api selama 18 tahun. Pengamatan berbasis satelit itu memakai metode Radar Bukaan Interferometri Sintesis ( InSAR ), yaitu menggunakan gelombang radar untuk melihat pergerakan sejumlah titik di tanah pada area seluas ratusan kilometer persegi tanpa memerlukan instrumen apa pun di Bumi.


Susanna Ebmeir, pakar gunung api Universitas Brisbol, Inggris.
Susanna Ebmeir, pakar gunung api Universitas Brisbol, Inggris.
Teknik itu bisa menghasilkan peta deformasi dari luar angkasa. Meski demikian, InSAR belum bisa menggantikan sepenuhnya pengamatan landas Bumi karena pengamatan berbasis satelit hanya sebagai tambahan untuk gunung yang sulit dijangkau.

Sumber : Kilas Iptek / MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.