ON LINE

Followers

RAHASIA BAGIAN GELAP BULAN TERKUAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 24 Juni 2014

Misteri yang sejak 1959 menyelimuti bagian gelap Bulan terkuak. Bagian yang membelakangi Bumi itu terdiri dari gunung-gunung dan kawah. Semula wilayah itu dinamai maria terdiri atas batuan basalt.

Menurut pemberitaan Penn State News, seperti dikutip AP, pekan lalu, studi itu berdasarkan Giant Impact Hypothesis. Study  menyatakan, saat obyek angkasa menabrak Bumi, sebagian obyek itu dan bagian-bagian lapisan luar Bumi bergabung membentuk Bulan amat panas, sama seperti bumi. Ukuran obyek baru itu lebih kecil dari Bumi sehingga lebih cepat dingin.

Bagian yang menghadap Bumi suhunya sekitar 2.500 derajat celsius. Sebaliknya permukaan di baliknya tak sepanas itu. Aluminium dan kalsium terkondensasi di bagian Bulan dingin.
Sisi bulan yang menghadap bumi selalu sama. Pada permukaannya seakan terlihat wajah seorang pria yang tersenyum (The Man in the Moon). Fenomena "wajah pria" ini tentu saja hanya ilusi, dibentuk oleh bercak-bercak gelap "laut" atau maria--dataran halus yang terbentuk akibat hasil benturan dengan batuan-batuan angkasa.
Sisi bulan yang menghadap bumi selalu sama dilihat dari negara manapun. Terlihat wajah seorang pria yang tersenyum (The Man in the Moon). Wajah pria ini tentu saja hanya ilusi, dibentuk oleh bercak-bercak gelap " laut " atau maria. Dataran halus yang terbentuk itu akibat hasil benturan dengan batuan-batuan angkasa.
Selama jutaan tahun, elemen-elemen itu jadi lebih keras dan tebal dibandingkan dengan bagian-bagian yang tampak dari Bumi.  Peneliti di Pennsylvania State University, Amerika Serikat, menyadari bahwa di bagian bulan yang tak pernah terlihat dari bumi itu memiliki sedikit maria.

" Saya masih ingat pertama kali melihat bulan ketika masih kanak-kanak. Saya tertegun oleh perbedaan sisi bulan yang gelap," kata Jason Wright, seorang asisten profesor astrofisika di Pennsylvania State University.  Dimana maria ( laut ) ? Ternyata itu menjadi misteri sejak 1950-an. ujarnya, seperti dikutip Sciencedaily, Rabu, 11 Juni 2014.

Sumber : Kilas Iptek / ISW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.