ON LINE

Followers

BENCANA MENGUBAH OTAK MANUSIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 03 Juni 2014

Bencana mengubah struktur otak manusia. Perubahan itu berlangsung sepanjang hidup. Adapun kemampuan seseorang pulih dari stres yang dipicu peristiwa traumatik, seperti bencana, sangat bergantung pada diri mereka.

" Otak tidak bersifat dinamis, bereaksi terhadap apa pun yang terjadi pada diri dan lingkungannya, " ujar profesor psikiatri pada Sekolah Kedokteran Yale, AS, Rajita Sinha, kepada Livescience, Selasa ( 29/4 ). Penelitian pemindaian otak 37 mahasiswa sebelum dan sesudah gempa besar di timur Jepang tahun 2011 menunjukkan, volume hipokampus dan korteks orbitofrontal responden menurun sesaat pasca bencana. Setahun kemudian, volume hipokampus terus susut seiring tingkat depresi dan kecemasan responden yang tak membaik.


Rajita Sinha Profesor Psikiatri Sekolah Kedokteran Yale, AS.
Rajita Sinha Profesor Psikiatri Sekolah Kedokteran Yale, AS.
Sebaliknya, volume korteks orbitofrontal justru naik akibat meningkatnya penghargaan terhadap diri. Belum diketahui apakah penghargaan terhadap diri yang penting untuk menghadapi stres itu bersifat sebab akibat. Namun, penghargaan diri membuat seseorang mampu mengatur emosi.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.