ON LINE

Followers

KATAK SPESIES BARU, MEMIJAH SETIAP MUSIM.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 31 Maret 2015

Seekor katak spesies baru yang diberi nama Euphlyetic kalasgramensis memilki kebiasaan unik. Berbeda dengan jenis katak lain, E katasgramensis yang ditemukan di Banglades itu kawin sepanjang tahun, bahkan saat musim dingin. Hal itu terungkap dalam jurnal penelitian PLIS ONE, 4 Februari 2015. Pimpinan tim peneliti, M Sajid Ali Howlader yang juga kandidat doktor biosains di University of Helsinki, Finlandia, mengatakan, kesimpulan spesies baru diperoleh dari analisis genetika.

Ia menjelaskan katak itu awalnya ditemukan peneliti Jerman, JG Scheneider ( 1799 ), sebagai E cyanophlyeti. Namun dari analisis genetika, bentuk tubuh dan ukurannya menunjukkan katak itu berbeda dari E cyanophlyet. Uji genetika menunjukkan gen mitokondria E kalasgramensis berbeda 5,5 persen sampai 18 persen dari spesies katak lain dalam satu marga ( genus ).

Dewasa laki-laki Euphlyctis kalasgramensis, baru ditemukan spesies katak yang hidup di Bangladesh. Kredit: M. S. A. Howlader.
Katak dewasa laki-laki spesies Euphlyctis kalasgramensis, baru ditemukan  di Bangladesh. Kredit: M. S. A. Howlader.
Katak berukuran 3,8 sentimeter itu mengonsumsi cacing, kepiting kecil, siput, dan berbagai jenis serangga. Hasil observasi menunjukkan katak betina lebih suka dirayu sekelompok katak jantan daripada katak jantan sendirian.

Saat katak betina siap kawin, dia akan melompat ke katak jantan untuk membuat kontak fisik dengan si penjantan pilihannya. Setelah itu, mereka akan kawin sepanjang tahun.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / ICH / Photo by : Mohammad Sajid Ali Howlader/University of Helsinki.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.