ON LINE

Followers

GEN PEMICU RESISTENSI OBAT MALARIA DITEMUKAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 28 Maret 2015

Sejumlah negara di kawasan Indochina, seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar, mengonfirmasi resistensi artemisinin, obat utama malaria. Kondisi itu dikhawatirkan menyebar glogal dan mempersulit upaya mengatasi malaria. Resistensi obat malaria generasi pertama, klorokuin muncul pertama di perbatasan Thailand-Kamboja sebelum menyebar ke Asia dan Afrika.

Kini ancaman resistensi artemisinis sebagai obat generasi kedua juga muncul di wilayah itu dan mulai menyebar ke seluruh daratan Indochina. " Artemisinin adalah obat malaria terbaik. Supaya manfaatnya terus berlanjut, efektivitasnya harus dijaga dan dipertahankan, " kata Olivo Miotto dari Unit Penelitian Tropika Mahdio Oxford ( MORU ) Thailand kepada BBC, Senin ( 19/1 ). Analisis terhadap 1.612 sampel dari 15 lokasi di Asia dan Afrika menemukan resistensi terkait mutasi gen parasit malaria yang disebut gen kelch13.

Pasien diambil darahnya untuk diperiksa di laboratoriom dalam antisipasi cegah gejala penyakit malaria.
Pasien diambil darahnya untuk diperiksa di laboratoriom untuk antisipasi cegah gejala penyakit malaria.
Obat malaria paling efektif saat  ini adalah Artemisinin merupakan obat malaria yang paling efektif sejauh ini.
Obat malaria adalah Artemisinin, merupakan obat malaria yang paling efektif sejauh ini.
" Jika pada penderita malaria tidak memiliki mutasi gen kelch13, ia tidak akan mengalami resistensi, " kata Miotto. Selain kelch13, juga ditemukan empat mutasi gen lain.

Kepala program malaria di Institute Wellcome Trust Sanger, Inggris, Dominic Kwiatkowski, mengatakan, risiko berkembangnya mutasi kelch13 kian besar jika parasit malaria itu memiliki varian mutasi lainnya. Peneliti belum memahami mengapa mutasi parasit malaria selalu terkait wilayah perbatasan Thailand-Kamboja.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.