ON LINE

Followers

KERUSUHAN PEMILU KADUNA NIGERIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 23 April 2011

Pihak militer Nigeria menyatakan akan mengawal proses demokrasi dan mengupayakan dialog untuk mengakhiri berbagai kerusuhan di wilayah Nigeria utara menyusul pemilu . Sementara kalangan pemantau pemilu di Kaduna menyatakan pemilu Nigeria berlangsung adil dan transparan, namun kelompok oposisi menuding partai berkuasa melakukan kecurangan dan telah menolak pengumuman hasil penghitungan suara.



Komisi Pemilu Nigeria Senin malam waktu setempat mengungkapkan Jonathan unggul lebih dari 10 juta suara atas pesaingnya, Muhammadu Buhari. Namun, Buhari menuding kemenangan Jonathan ini sarat kecurangan. Maka, sebagai aksi protes, para pendukung Buhari mengobarkan kekerasan di 13 negara bagian di Nigeria, melukai ratusan orang. Mereka membakar ban dan melempar batu ke arah pasukan keamanan. Baku hantam pun tak terelakkan.



Kerusuhan paska pemilu terjadi Selasa 19/04/2011 di wilayah Nigeria Utara yang mayoritas muslim. Para pemuda melakukan pembakaran setelah mengetahui Presiden Goodluck Jonathan kembali memenangkan pemilu. Pihak palang merah mengungkapkan kerusuhan meluas dan banyak menelan korban jiwa.

Militer Nigeria menegaskan akan membela dan mengawal proses demokrasi serta mengupayakan dialog guna mengakhiri berbagai kerusuhan. Saat memberikan keterangan pers, Kolonel Yerima mengemukakan militer Nigeria solid dan berkomitmen penuh melindungi keamanan nasional dan mendukung proses demokrasi yang telah berlangsung.


Pengunjuk rasa membakar ban dan melempar batu ke arah pasukan keamanan.


Sementara kalangan pemantau pemilu menyatakan pemilu Nigeria merupakan yang teradil dan transparan selama beberapa dasawarsa terakhir. Meski demikian kelompok oposisi Nigeria menuding partai berkuasa melakukan kecurangan dan partai konggres untuk perubahan telah menolak pengumuman hasil pemilu.


Kerusuhan pasca pemilu ini berpotensi mengarah kepada konflik antar penganut dua agama.
Insiden itu dipicu tuduhan kecurangan dalam pemilu pada Sabtu (16/4) lalu. Massa yang tidak puas turun ke jalan dan bertindak anarkis. Kerusuhan meluas ke beberapa negara bagian di utara. Pasalnya, ada perbedaan yang tajam dalam perhitungan suara di wilayah utara yang warganya mayoritas Muslim dengan di selatan yang jumlah penduduknya lebih besar dan didominasi pemeluk Kristiani. Massa yang tidak puas terhadap perhitungan suara terlibat bentrok dengan tentara di Kano, kota terbesar di Negara Bagian Kano, utara Nigeria. Bahkan, aksi kerusuhan akhirnya meluas ke seluruh negara bagian tersebut.


Sumber : Reuters/Nigeria General Election.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.