ON LINE

Followers

SISTEM PENGUKURAN DESIMAL DIPUTUSKAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 20 Juli 2012

Saat kita masih duduk di bangku sekolah dasar dulu, diajarkan oleh Pak Guru soal perhitungan sederhana dalam pelajaran ilmu hitung.  Menghitung soal-soal penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian juga hal ukuran sederhana berbasis desimal atau kelipatan sepuluh. Anda masih ingat bukan hitungan itu?

Sejarah dimulainya perhitungan berbasis desimal diputuskan oleh Majelis Nasional Perancis 8 Mei 1790. Tujuannya merancang sistem metrik untuk menjadi universal. Karena itulah Otoritas Perancis menugaskan Charles Maurice de Talleyrand untuk menjajagi kemungkinan tersebut.

Tallyrand kemudian mengundang anggota parlemen Inggris John Riggs Miller dan Sekretaris negara AS, Thomas Jefferson untuk  bekerja sama dengan pemerintahan Perancis dengan mengusulkan kepada pihak legislatif masing-masing negara. Sayangnya inisiatif ini gagal dan sistem metrik hingga kini lebih banyak dipakai di Perancis.
Charles Maurice de Talleyrand.
Pada tahun 1795, Perancis  resmi mengadopsi sistem metrik berbasis desimal dan sejak tahun 1840 sistem tersebut wajib digunakan di Perancis. Sistem yang dikenal sebagai S1 ( Systeme International d' unites ) ini menjadi sistem pengukuran  yang paling banyak dipakai di dunia, kecuali di AS dan sejumlah negara lain yang masih mengacu pada sistem imperial.

Sumber : Intermezo.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.