ON LINE

Followers

SANGOMA SANGAT DIKENAL DI AFRIKA SELATAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 11 Juli 2012

Di zaman internet seperti sekarang ini, soal klenik masih banyak dijumpai dan menjadi pembicaraan hangat di Johannesburg, Afrika Selatan. Sebuah asosiasi pekerja tambang menuduh asosiasi pesaingnya menggunakan jasa dukun untuk mendukung perekrutan anggota tersebut.

Serikat Pekerja Tambang Nasional ( NUM ) sedang perang dingin dengan Asosiasi Serikat Pekerja Tambang dan Konstruksi ( AMCU ). " Mereka menggunakan muti untuk merekrut anggota, " ujar Sekjen NUM Frans Baleni. Muti adalah obat tradisional yang terbuat dari berbagai macam ramuan, termasuk anggota tubuh hewan dan manusia.
Agnes Gaobepe, perempuan Afrika Selatan yang bekerja sebagai sanggoma di Wattville, dekat Johannesburg. AFP/ALEXANDER JOE
Baleni juga mengatakan, banyak anggota NUM yakin AMCU juga memiliki sangoma atau dukun yang sangat sakti. Keberadaan sangoma dihormati dalam kehidupan masyarakat setempat, termasuk para pebisnis dan politisi. Baleni mengatakan isu ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena sebagian besar anggota NUM yakin tentang muti dan sangoma terkait dengan AMCU.

Sementara itu, sekjen AMCU Jeff Mphahlehle mengatakan di Johanesburg  Minggu ( 18/6 ), soal ini adalah isu sampah. Dia menyangkal keras penggunaan muti dan sangoma seperti yang dituduhkan NUM. Itulah yang terjadi di Afrika Selatan yang masih kental dengan urusan perdukunan. Kalau dukun sudah bertindak, wah...gawat jadinya? ( Reuters/JOE ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.