ON LINE

Followers

LORENG PUTIH ATAU HITAM PADA ZEBRA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 25 Juli 2012

Anda pernah melihat binatang zebra yang berkulit hitam ada loreng putihnya? Menarik sekali bukan warna loreng zebra itu? Memang warna zebra selalu mengundang perdebatan luas, apakah zebra berwarna putih dengan belang hitam. Atau sebaliknya zebra warna hitam dengan belang putih. Warna belang itu mengundang decak kagum dan manfaat warna belang itu juga mengundang aneka penelitian.

Sejauh ini konsensus soal zebra adalah binatang yang ditemukan di pegunungan Afrika Timur, berwarna hitam dengan belang putih. Alasannya, kulit dasar zebra berwarna hitam sehingga bulu-bulunya pun berwarna hitam. Jadi belang putih itu merupakan bagian yang mengalami kekurangan pigmen.

Belang pada kulit zebra tidak seragam. Setiap zebra memiliki kekhasan individual. Kekhasan itu berguna untuk kamuflase dan sebagai deflektor panas. Hampir 70 persen panas akan dibuang dari kulit binatang ini.
Sepasang zebra sedang minum air Rawa iSimangaliso di Taman Nasional Hluhluwe Umfolozi, 270 kilometer di utara Durban. Afrika Selatan. Taman Nasional ini merupakan area konservasi badak yang pertama di dunia.
Belang hitam dan putih menimbulkan ilusi optik yang bisa dijadikan kamuflase oleh zebra untuk menghindar dari serangan predator, terutama ketika mereka sedang bergerombol merumput di padang savana. Penelitian terbaru menunjukkan, belang pada tubuh zebra juga menjadi senjata ampuh untuk menghadapi musuhnya yang paling menggangu, yaitu lalu yang beterbangan di sekitar tubuhnya.

Pantulan cahaya yang terpolarisasi dapat menakuti lalat. Hal itu dikonfirmasi dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa lalat paling tidak suka pada pancaran cahaya yang polanya mirip belang zebra dibandingkan pola lainnya. Namun, apa pun alasannya, zebra yang dikaruniai tubuh belang itu tetap menjadi salah satu binatang paling anggun di Afrika.

Sumber : GeoWeeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.