ON LINE

Followers

MEMBUAT ESAI AGAR DAPAT REMISI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 16 Juli 2012

Remisi atau pengurangan masa tahanan bagi narapidana akan disambut suka cita dengan satu syarat selama menjalani hukuman berkelakuan baik. Selama dalam tahanan seorang narapidana memang mendapatkan pelajaran banyak untuk bekal nantinya jika sudah bebas, bisa mengembangkan kemampuan, misalnya bercocok tanam atau membuka bengkel las. Itulah pelajaran yang bisa diperoleh untuk dipraktekkan kelak jika sudah bebas.

Ada pula pelajaran membuat karangan bagi mereka yang berbakat menulis. Tentu saja bekal bisa menulis  setiap narapidana sudah diperolehnya ketika masih sekolah dulu. Sesungguhnya menulis adalah bakat yang perlu diasah jika seorang ingin bekerja menjadi pengarang, wartawan, penulis novel maupun peneliti di bidang sastra.

Karena menulis adalah seni dari buah pikiran seorang pengarang dan akan memperluas wawasan bagi pembaca yang membaca karangannya, membuat pemerintah Brasil menelurkan ide baru bagi narapidana di negara tersebut. Caranya setiap narapidana harus banyak membaca.  Itulah program baru Pemerintah Brasil dalam usaha memberikan keringanan pemotongan masa tahanan.

Setelah banyak membaca yang memperluas cakrawala buah pikiran narapidana, maka tiba saatnya setiap narapidana yang ingin memperoleh remisi haru mampu menulis esai tentang buku yang dibacanya itu. Tidak tanggung-tanggung persyaratannya agar bisa mendapatkan remisi. Tentu saja ide ini mendapat sambutan hangat para narapidana yang memang hobi membaca dan menulis.
Buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Di dalamnya ada tulisan tentang sastra, filosofi, ilmu pengetahuan dan buku sejarah yang digolongkan pada tulisan klasik. Karena itulah setiap narapidana di Brasil wajib membaca buku itu lalu menuliskannya dalam ebuah esai.
Para narapidana  diwajibkan membaca buku, entah itu novel atau buku filsafat hingga tamat dalam empat hari untuk satu buku. Setelah novel selesai dibaca, mereka harus menulis esai tentang isi novel itu.  Syarat lainnya setiap tulisan esei harus menggunakan tatabahasa yang baik dan benar.

Setelah semua tulisan masing-masing narapidana yang ingin mendapatkan remisi terkumpul, akan ada tim penguji untuk meneliti tata bahasa yang mereka tuangkan dalam tulisan esai tersebut. Apakah sudah baku dan benar sesuai dengan ejaan, sintaksis  dan gaya bahasa saat menulis esai itu. Jika ditetapkan memenuhi syarat, maka akan diikutkan sebagai program pengurangan hukuman.
Ilustrasi : Ide munculnya sebuah tulisan untuk dituangkan dalam karangan, terkadang keluar lewat kepulan asap rokok dari seseorang untuk mendapatkan ide tulisan.
Jika karya mereka diterima, narapidana tersebut bisa mendapatkan remisi selama empat hari untuk satu buku yang dibaca dan dibuatkan esainya. Setiap narapidana dapat membaca hingga 12 buku. Dengan demikian, maksimal pengurangan masa tahanan adalah 48 hari.

Diharapkan program pengurangan masa tahanan dengan cara membaca, membuat esai buku yang dibaca, membuat narapidana memiliki wawasan lebih luas tentang suatu hal. Ke depannya diharapkan setelah menghirup udara bebas di luar penjara dan bergaul kembali dengan masyarakat luas, akan menjadi orang yang lebih baik.

Setelah keluar dari hotel prodeo akan banyak tumbuh pengarang baru yang menceritakan suka dukanya hidup di bui. Kalau begitu ide Pemerintah Brasil bagus pula ditiru oleh pemerintah negara lain. ( Reuters ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.