ON LINE

Followers

PELIHARA SALURAN PENCERNAAN SELALU SEHAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 21 Juli 2012

Anda dapat merasakan bagaimana tidak nyamannya saat tengah bekerja atau tinggal di rumah dengan keluarga, mendadak saluran pencernaan terganggu. Rasa perut kembung, diare atau sembelit sebagai salah satu contoh adanya gangguan pada saluran cerna. Akibatnya boleh jadi sebentar-benar kita pergi ke belakang membuat wajah menjadi pucat dan dibarengi perut mual.

Itulah gangguan perut kembung dimana kondisi perut terisi gas secara berlebihan . Lalu diare yang diidentifikasi sebagai gangguan buang air besar terjadi lebih kerap dari biasanya dan kotoran lebih lembek atau cair. Sementara sembelit adalah kebalikan dari diare, yaitu kondisi dimana seseorang sulit mengalami rutinitas buang air besar secara teratur.

Penyebab gangguan tersebut pada umumnya kurangnya konsumsi makanan berserat, seperti sayuran dan buah-buahan. Lalu muncul pertanyaan, mengapa perut bisa mengalami kembung? Dalam kondisi normal, biasanya perut terisi sedikit gas, yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan.

Sebaliknya perut berisi banyak gas berlebihan karena banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung jenis polisakarida. Jenis polisakarida tidak tercerna oleh tubuh, tetapi oleh bakteri yang ada di dalam usus sehingga menimbulkan gas. Untuk mencegah timbulnya perut kembung sebaiknya banyak mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli dan kol.
Sangat tidak nyaman rasanya jika tiba-tiba perut merasa mulas disertai mual bahkan kembung. Gejala dari gangguan saluran pencernaan, salah satunya perut merasa melilit ke. Saluran pencernaan cukup penting peranannya karena mengolah dan menyerap zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh.
Masalah bakteri dalam usus ada jenis bakteri yang tinggal menetap dalam usus ( residen ) dan ada yang tidak menetap dalam usus ( transien ). Dalam kondisi normal, hadirnya bakteri-bakteri tersebut di dalam saluran pencernaan membentuk keseimbangan yang jika terganggu dapat mengakibatkan gangguan pencernaan pula. Oleh sebab itu makanan berserat sangat dianjurkan dikonsumsi agar gangguan pencernaan bisa ditangkal.

Manfaat serat sudah sering dibicarakan. Asupan serat dianjurkan antara 20 hingga 35 gram per hari. Sebagai perbandingan, konsumsi serat rata-rata orang Amerika hanya 11 gram per hari. Institut Kanker Nasional AS giat kampanye kepada masyarakat AS agar mengonsumsi sedikitnya lima kali atau lebih buah dan sayur dalam sehari.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.