ON LINE

Followers

MUDANG JADI RUJUKAN ORANG KORSEL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 14 Juli 2012

Makin modern kehidupan di suatu negara biasanya makin jauh masyarakatnya dari hal-hal berbau klenik atau mistik. Namun warga Korea Selatan akhir-akhir ini justru makin banyak menggunakan jasa dukun. Para era 1970-an, praktek perdukunan sempat dilarang di Korsel karena dianggap hanya membohongi masyarakat.

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mengunjungi mudang, sebuatan bagi dukun di Korea, adalah hal lumrah. Para politisi sudah tidak tidak malu-malu lagi bertanyak dengan mudang untuk menanyakan hal-hal remeh temeh. Salah satu pertanyaan khusus adalah, apakah makam leluhurnya perlu dipindah agar ia terpilih lagi dalam pemilu.


Para nelayan di kota pelabuhan Incheon juga mengundang para dukun untuk mengusir setan dari kapal mereka. Shin Kwang-Yeong, profesor sosiologi dari Universitas Chung-Ang di Seol, menduga fenomena ini berkaitan dengan tingkat stres yang tinggi di kalangan warga Korsel. " Banyak orang Korea yang merasakan ketidakpastian dan hidup tak stabil, jadi mereka mencari sesuatu yang bisa memberi rasa aman, yaitu mudang, " katanya kepada Reuters di Incheon ( 29/6 ) .
Pamor dukun sedang kembali menanjak di Korea Selatan. Banyak pihak meminta jasa praktisi klenik tradisional, dalam bahasa Korea disebut mudang, buat pelbagai macam kepentingan. Mereka bahkan tampil di televisi dan kisah hidupnya dibikin film dokumenter.
Mudang adalah dukung dengan tradisi yang mengakar pada sejarah Korea kuno. Mereka kebanyakan perempuan yang dipercaya mampu berbicara dengan dewa melalui tarian dan nyanyian. Dukun Korea ini biasanya diminta memberkati bangunan baru, kapal hendak berlayar, serta meramal.

Kebangkitan lagi klenik kuno ini cukup mengejutkan. Warga Korea Selatan selama beberapa dekade terakhir dikenal amat religius. Negara itu memiliki jumlah pemeluk Kristen nomor dua se-Asia. Para misionaris bahkan pernah mengutuk para mudang sebagai pemuja setan.

Pemerintah Negeri Ginseng itu juga memberantas praktik mudang pada periode 1970-an. Alasannya, klenik menghambat modernisasi. Itu sebabnya, banyak mudang dipaksa berhenti dari profesinya jika tidak ingin ditangkap polisi.

( Reuters/DHF ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.