ON LINE

Followers

MANFAAT SUJUD DALAM SHOLAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 31 Juli 2012

Terkadang dalam kondisi depresi, kepala serasa berdenyut mengakibatkan rasa pusing  tiba-tiba datang. Jika tidak diantisipasi dengan cermat, boleh jadi kita akan berjalan sempoyongan karena keseimbangan tubuh tidak terjaga dengan baik. Rasa pusing datang tiba-tiba bisa kita atasi sejenak dengan duduk sambil punggung menyandar ke kursi  sambil mengatur napas pelan-pelan.

Setelah rasa pusing hilang kita bisa kembali melakukan aktifitas lainnya yang tidak memerlukan pikiran serius. Jadi kita lakukan kegiatan lain dengan santai. Atau barangkali ada di antara Anda, sahabat sehat dengan puasa telah dihinggapi penyakit darah tinggi yang jika sedang kumat tekanan darahnya, kepala tiba-tiba ngliyeng berputar lalu tubuh gemetar dan jantung pun berdebar-debar dengan kencang. Kenapa itu bisa terjadi?

Untuk mengetahui hal itu langkah cermat adalah memeriksakan kondisi tekanan tekanan darah, apakah masih normal atau tinggi. Jika sudah tinggi tentu disyarankan agar mengurangi pemakaian garam dalam masakan. Juga memeriksakan kondisi otak apakah sebelum terjadi pusing tiba-tiba, kepala pernah terbentur benda keras di masa lalu.

Menjaga kepala dan organ otak beserta jaringan syaraf didalamnya sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Di samping itu  sebenarnya ada manfaat penting agar aliran darah tetap lancar bersirkulasi dalam organ otak, salah satunya dengan melakukan  sujud untuk beberapa lama dengan cara menempelkan kening cukup lama di lantai.  Alkautsar.co.id menulis dalam lamannya bahwa pada masa sekarang semua harus berdasarkan ilmiah.

Maka sebelum Allah datangkan kiamat, Allah tunjukkan kepada manusia manfaat besar dari semua perintahnya, salah satunya adalah Sujud dalam Shalat. Bahwa  di dalam otak manusia, terdapat urat saraf yang tidak di aliri oleh darah. Darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut sujud dalam shalat.
Pakar sains mengatakan sujud ketika solat adalah waktu manusia mengatur sistem pernafasan dan mengembalikan kedudukan organ ke tempat asalnya.  Inilah Hikmah yang diperoleh daripada perbuatan bersujud ketika sembahyang. Salah satunya menambahkan kekuatan aliran darah ke otak dan menghindarkan rasa pening kepala dan migrain dan menyegarkan otak .
Sujud memberi menguntungkan kepada wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali.
Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar waktu shalat yang diwajibkan oleh Islam. Pada saat sujud, pembuluh darah nadi balik, dikunci di pangkal paha, sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala. Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh ke kepala.

Posisi sujud adalah teknik terbaik untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah penyakit jantung koroner. Juga membuat pembuluh darah halus di otak mendapat tekanan lebih, sehingga bisa mencegah stroke. Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak.

Posisi sujud menyebabkan otak kaya oksigen yang bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu lakukan sujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.

Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. Selain manfaat sujud bagi kesehatan organ kepala dengan semakin banyaknya aliran darah ke otak, posisi sujud cukup lama di luar waktu sholat pun sangat baik untuk kesehatan  seseorang, khususnya Praktisi Reiki yang sudah terbiasa mempraktekkan grounding klasik dan sekarang mempraktekkan grounding dengan cara bersujud dengan kening menyentuh tanah ( lantai ).

Sumber : AlKautsar.co.id ( diedit )

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.