ON LINE

Followers

KECOA MEMBANGUN KELESTARIAN LINGKUNGAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 18 Juli 2012

Serangga satu ini pasti ada di tempat tinggal kita masing-masing. Tentu saja selain  warnanya merah ngejreng, sering berkeliaran di jamban  ataupun merayap di dinding, ia dapat terbang saat ingin ditangkap. Binatang itu adalah kecoa yang beranak pinak begitu cepat di tempat yang lembab dan kotor, khususnya di  jamban rumah  tangga.

Bagi sebagian orang  kecoa adalah serangga yang mengerikan alias menjijikkan dan menimbulkan alergi. Saat menjumpai ada orang yang langsung membunuh binatang itu. Namun sebelum Anda membunuh binatang ini, urungkanlah niat Anda itu, karena kecoa mempunyai peran penting bagi lingkungan.

Ahli kecoa yang juga Ketua Departemen Biologi Universitas Texas  di Tyler, Amerika Serikat, Srini Khambhampati, kepada Life's Little Mysteries ,  mengatakan Rabu ( 20/6 ),  hilangnya 5.000 - 10.000 kecoa akan berdampak besar pada lingkungan kita. Serangg termasuk kecoa ini merupakan sumber makanan penting bagi banyak burung dan mamalia, seperti tikus. Binatang-binatang tersebut memang tidak hanya memakan kecoa sehingga kemungkinan punah saat kecoa hilang juga kecil.

Yang pasti, jumlah mamalia dan burung pemakan serangga akan turun. Berkurangnya jumlah tikus akan memengaruhi berbagai spesies pemangsanya seperti kucing, anjing hutan, serigala, berbagai reptil, elang dan burung pemangsa tikus. " Jika kecoa punah, binatang yang ikut punah adalah tawon yang merupakan parasit telur kecoa, " kata Kambhampati.
Sepotong biskuit jatuh kelantai sudah cukup bagi kecoa untuk mendatanginya. Namun jika jumlah kecoa banyak tentu menjengkelkan Anda untuk membunuhnya. Tunggu dulu daripada kecoa dibunuh, lebih baik diusir dengan menaruh potongan lemon dan irisan mentimun yang ditaruh di wadah dan tempatkan di dapur yang seringkali dihinggapi kecoa. Aroma khas dari irisan mentimun dan lemon mampu mengusir kecoa dari dapur Anda.
Hal penting yang akan terganggu dengan hilangnya kecoa adalah terganggunya siklus nitrogen, yaitu rangkaian proses konversi senyawa yang mengandung nitrogen menjadi senyawa lain. Kecoa umumnya memakan bahan organik yang membusuk. Materi ini banyak mengandung nitrogen.

" Saat kecoa mengeluarkan feses, kotoran yang banyak mengandung nitrogen akan masuk dalam tanah dan digunakan oleh tanaman, " kata Srini. Artinya, di hutan, kecoa memiliki peran besar dalam menjaga kelestarian dan secara tidak langsung juga menjadi penentu kelestarian aneka spesies di dalam hutan.

Sumber : Lifeslittlem Mysteries/MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.