ON LINE

Followers

TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH DI SAMUDRA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 14 Oktober 2010

Lokasi yang terletak antara California dan Jepang, di sebelah utara Samudra Pasifik, dijuluki sebagai tempat pembuangan sampah terbesar di lautan. Titik ini merupakan pembuangan sampah terbesar di bumi, luasnya hampir sama dengan Amerika Serikat dan penghuninya lebih banyak sampah plastik daripada kehidupan dasar laut itu sendiri.



Arus dasar laut yang terus berputar mengocok sampah-sampah yang terkumpul di lokasi itu semakin lama semakin menumpuk dan meluas sampai mencapai ribuan mil. Namun, karena tak terlihat kasatmata, tempat pembuangan sampah tersebut nyari tidak diketahui semua orang. Demikian yang dilansir Kompas dari Situs GeoWeek yang peduli pada kelestarian lingkungan hidup.



Disebutkan hampir 90 persen sampah yang terbuang ke lokasi itu berasal dari daratan dan terbawa oleh aliran sungai ke laut. Jenis sampah yang menumpuk di dasar laut lautan itu sebagian besar adalah plastik, alas kaki, kantong plastik dan berton-ton mainan anak-anak. Timbunan sampah ini mengancam kehidupan binatang laut, khususnya penyu laut yang sering mati sia-sia karena terperangkap dalam sampah kantong plastik.


Serpihan kecil plastik membawa ancaman lebih besar bagi satwa laut, dibanding bongkahan besar yang juga bisa menjerat satwa seperti penyu dan burung laut. Kita tahu bahwa serpihan halus plastik bukan makanan hewan laut.


Meskipun kini sampah plastik perlahan mulai berkurang, tetap saja mematikan. Lihatlah burung-burung laut sulit membedakan antara sobekan plastik dan telur-telur ikan. Memamah sobekan plastik dapat membuat burung-burung itu mati perlahan. Para ilmuwan yang sedang mempelajari tempat sampah yang ada di Samudra Pasifik saat ini juga tengah mengamati tempat sampah serupa di Samudra Atlantik. Mereka berharap dapat menemukan solusi mengurangi dampak yang mematikan tersebut.



Yang pasti hal ini memberi pelajaran kepada publik tentang daur ulang dan penggunaan material yang sedikit mungkin mengancam lingkungan, merupakan upaya pencegahan terpenting. Tentu saja kita menginginkan kondisi air laut tetap jernih bebas dari polusi sehingga kehidupan binatang laut tetap lestari keberadaannya dan manusia pun bisa menggunakan air laut untuk sarana berekreasi sebagaimana terlihat seorang penyelam wanita tengah menyelam di kejernihan air laut Kepulauan Maldives sebagaimana terpampang di header blog ini.




Kebanyakan plastik adalah polyethylene atau polypropylene, yang lebih ringan berat jenisnya dibanding air laut, sehingga terapung dekat dengan permukaan air. Namun, jenis plastik lain yang lebih berat mungkin juga telah tenggelam ke dasar dan tidak dijumpai.


Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.