ON LINE

Followers

BUKIT PASIR MAGILLIGAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 07 Oktober 2010

Sepotong wilayah berbentuk segitiga di mulut Lough Foyle, Irlandia Utara, merupakan tempat berkumpulnya bukit pasir, yang dikenal dengan nama Bukit Pasir Magilligan. Kawasan bukit pasir purba ini jejaknya bisa ditelusuri sampai sekitar 10.000 tahun lalu. Sebagai padanan dari bukit pasir ini, jika sahabat sehat dengan kundalini reiki pernah berkunjung ke Lautan Pasir Pegunungan Tengger Bromo atau Kawasan Pantai Samas Jogjakarta, bukit pasir putih ini selalu tampak menggunung dan permukaannya akan berubah seiring tiupan angin kencang dari arah pantai laut selatan Jogja.



Ketika air laut naik saat itu, air laut membanjiri muara Lough Foyle. Beberapa ribu tahun kemudian, permukaan air laut surut dan memunculkan dataran rendah berpasir. Apa yang tersisa saat ini adalah punggung-punggung bukit dan juga dataran pasir yang terbentuk dari kisaran angin. Demikian dikupas GeoWeek sebagaimana dikutip Kompas yang menunjukkan di kawasan bukit pasir embryonic, yang merupakan batas pantai dengan laut dan merupakan bukit pasir termuda yang umumnya gundul. Hanya sejumlah tanaman yang tumbuh di sini.



Badai musim dingin biasanya menghanyutkan sebagian besar dataran di wilayah ini yang kemudian berbentuk lagi pada saat musim panas. Dataran pasir yang usianya lebih tua dan letaknya lebih tinggi, foredune ditumbuhi lebih banyak rerumputan meskipun tetap ada bidang-bidang yang kosong. Dataran ini tersambung dengan bukit pasir yang tertinggi, yang dijuluki bukit pasir kelabu.


Bukit Pasir Erg Chebbi Maroko Selatan, terukir secara alami karena hembusan angin gurun membentuk lukisan alam nan indah.


Dataran pasir berikutnya umumnya berupa hutan belukar yang ditumbuhi beberapa jenis pepohonan, seperti willow, birch dan oak. Kanopi beserta semak ini didiami beragam tumbuhan, serangga dan beberapa binatang kecil. Sebagian wilayah Bukit Pasir Magilligan telah ditetapkan sebagai kawasan lindung, tetapi Kementerian Pertahanan membangun penjara dan lokasi latihan tembak di kawasan yang luasnya sekitar 32 kilometer persegi.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.