ON LINE

Followers

PEMBONGKARAN PERALATAN PENYELAMAT PEKERJA TAMBANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 30 Oktober 2010


Kapsul penyelamat para pekerja tambang di Chile. Didesain khusus oleh para teknisi Badan Antariksa AS ( NASA ) dan Angkatan Laut Chile.( AP Photo/Roberto Candia ).

Peralatan penyelamat para pekerja tambang emas dan tembaga di Copiapo Chili yang terperangkap selama enampuluh sembilan hari di dalam lorong tambang sudah dibongkar Rabu ( 20/10 ) lalu yang diawasi langsung oleh Menteri Pertambangan Chile Laurance Golborne. Pertambangan San Jose dekat kota Copiapo Chile selama lebih dari dua bulan telah menjadi perhatian dunia karena terjebaknya 33 pekerja tambang di kedalaman 700 meter di bawah tanah. Mereka sangat memerlukan pertolongan dan ternyata usaha tim penyelamat berhasil mengevakuasi 33 pekerja keluar dari dalam lobang dengan menggunakan kapsul penyelamat.



Paska penyelamatan peralatan tersebut mulai dibongkar. Menteri Pertambangan Golborne mengatakan, " Perlu dipikirkan keberadaan lobang bekas jalur penyelamatan yang berbahaya bagi keselamatan orang lain bila akan menambang di tempat itu di kemudian hari," ujarnya kepada Reuters yang mewawancarai di lokasi pertambangan tersebut. Sebelum hari penyelamatan tiba, sekitar seribu enam ratus wartawan baik lokal atau mancanegara berkumpul di lokasi itu untuk mengikuti perkembangan terbaru detik-detik penyelamatan 33 pekerja tambang.


Florencio Avalos, sopir berusia 31 tahun, dipilih sebagai orang pertama di antara 33 pekerja yang terperangkap di tambang yang runtuh sejak 5 Agustus lalu.


Perhatian dunia tertuju kepada usaha penyelamatan pekerja tambang itu yang menggunakan kapsul phoenix yang bergerak naik turun sebanyak tiga puluh delapan kali ke kedalamanan 7oo meter di bawah permukaan tanah. Tiga puluh tiga orang pekerja tambang berhasil diselamatkan dan kini sudah berkumpul dengan keluarga tercinta dan kerabat mereka. Para petambang yang selamat dari maut sekalipun sudah terkurung di dalam lobang selama dua bulan lebih kini bagaikan selebritis yang tenar, bakal mengisi cerita dalam buku dan rencana pembuatan film dokumenter seputar kisah tragis mereka bertahan hidup di lorong tambang yang lembab dan panas di kedalaman 700 meter dibawah tanah. Mereka bagaikan tokoh Antareja dalam kisah pewayangan yang hidup dalam tanah. Konon kapsul phoenix penyelamat itu bakal dipamerkan di Shanghai World Expo.



Sumber : Reuters/ Chile - Minner Rescue Equipment.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.