ON LINE

Followers

HIDUP SEHAT BEBAS KOLESTEROL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 31 Oktober 2010

Hidup sehat bebas kolesterol hindarkan diri dari menyantap makanan yang mengandung banyak lemak. Begitulah pesan yang terpasang pada spanduk di sebuah papan reklame di ruas jalan ibukota. Effek dari kolesterol tinggi sudah sering kita dengar lewat penyuluhan kesehatan dalam bincang sehat di radio. Pada umumnya bicara tentang kolesterol tinggi yang bersumber dari situs Majalah Farmacia, sebagaimana dilansir oleh kesehatan akhir pekan , mengatakan sekitar 18 persen dari total penduduk Indonesia menderita kolesterol tinggi.



Selain kolesterol tinggi 80 persen atau sekitar 28,8 juta jiwa meninggal dunia akibat serangan jantung di mana 50 persennya tidak menunjukkan gejala sebelumnya. Melihat gelagat ini tentu sudah sepatutnya kita melakukan tindakan preventif agar terhindar dari risiko penyakit jantung. Caranya bagaimana? Marilah kita simak penjelasan dokter kesehatan olahraga yang sering mengisi bincang sehat dalam tabloit majalah kesehatan.



Penyakit jantung senantiasa berada dalam jajaran penyebab utama kematian di dunia termasuk Indonesia. Penyebabnya bermacam karena itu bagi yang ingin memulai hidup sehat tidak ada kata terlambat untuk mulai sadar akan arti pentingnya olahraga. Pola hidup sehat butuh tindakan yang nyata. Semakin majunya zaman, tuntutan untuk mendapatkan kenyamanan dalam hidup sudah menjadi gaya hidup orang modern. Misalnya adanya piranti yang memanjakan kita sehingga aktivitas fisik pun semakin jauh berkurang. Justru kondisi inilah yang sebenarnya memicu tubuh tidak cukup untuk bergerak.


Tubuh gemuk, seksi wajah cantik boleh saja. Itu hak setiap wanita untuk meraihnya. Tetapi harus ingat perlu juga berolahraga agar terhindar dari penyakit jantung koroner, gula dan tekanan darah tinggi.


Memang kenyamanan yang ingin diraih setiap orang adalah hak individu yang bersangkutan. Ini seolah menjadi pembenaran karena banyaknya kegiatan yang tiada henti membuat orang ini lantas malas berolahraga. Kondisi seperti ini sebaiknya jangan membuat kita terlena. Dengan kata lain, kurang bergerak bagi fisik pun bisa memicu datangnya penyakit jantung. Di sisi lain masih ada penyebab lainnya yang patut diwaspadai antara lain pola makan yang tidak sehat dan minim keseimbangan asupan gizi, obesitas, kebiasaan merokok, malas olahraga serta kolesterol tinggi ( hiperkolesterol ).



Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak komplek yang sebagian besar dihasilkan oleh organ hati dan sisanya dari luar tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Kolesterol memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain sumber energi, pembentukan dinding sel dan pembentukan hormon. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah sehingga untuk mengangkutnya ke seluruh tubuh dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lippoprotein, yang dapat dianggap sebagai pembawa kolesterol dalam darah.



Seandainya jika kolesterol berada dalam jumlah normal, dapat effektif berfungsi untuk tubuh. Namun jika keadaan berlebih, justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti stroke dan serangan jantung. Kadar kolesterol tinggi pun banyak dialami oleh orang yang berbadan kurus. Sedangkan kadar kolesterol tinggi pun menimpa pada orang dari berbagai usia. Resiko ini akan terus bertambah seiring meningkatnya usia seseorang.



Yang lebih memprihatinkan risiko terkena effek kolesterol tinggi saat ini penderitanya justru semakin muda usianya. Kondisi tersebut bisa ditemui pada mereka yang berusia produktif, bahkan bisa dijumpai pada anak-anak dengan riwayat keluarga pernah menderita penyakit jantung atau stroke. Begitu pentingnya arti kolesterol bagi tubuh seseorang apakah itu rendah atau tinggi kadarnya, perlu edukasi kesehatan kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya prefentif.



Belum ada kata terlambat untuk melakukan tindakan preventif alias pencegahan kolesterol tinggi. Misalnya....ya itu tadi....seseorang mau melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol, hindari stress berlebihan dengan belajar meditasi kesehatan, berhenti merokok serta olahraga secara teratur mulai sekarang ini. Sahabat sehat dengan kundalini reiki tentu tahu caranya memberi edukasi kesehatan kepada keluarga terdekat dan lingkungan tempat tinggal sekitarnya agar mencoba rahasia gaya hidup sehat yang satu ini . Mengenai jenis olahraga tergantung kepada kesenangan minat seseorang berolahraga. Kalau saya...olahraga murah meriah di pagi hari, yaitu cukup yang ini saja, dilakukan setiap hari untuk waktu 1 jam. Modalnya hanya kemauan kuat untuk hidup sehat mengisi sisa hidup ini.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.