ON LINE

Followers

AKSI PERUSAKAN POHON ZAITUN DI TEPI BARAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 30 Oktober 2010

Utusan khusus PBB untuk pembicaraan damai Timur Tengah Robert Serry mengecam aksi perusakan yang dilakukan para pemukim Yahudi terhadap ratusan pohon Zaitun di wilayah pendudukan Tepi Barat. Sementara itu Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad mengungkapkan warga pemukim Yahudi sengaja merusak pohon zaitun, yang menjadi sumber mata pencarian warga setempat dan juga melambangkan akar kehidupan rakyat Palestina.



Saat menggelar jumpa pers bersama Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad di wilayah Tormos Ayya Ramalah, utusan khusus PBB untuk pembicaraan damai, Robert Serry mengecam keras aksi perusakan ratusan pohon zaitun di wilayah tepi barat. Robert Serry juga memperingati proses pembangunan kembali ratusan rumah baru Yahudi ilegal di wilayah pendudukan.


Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun dikelompokkan ke dalam suku Oleaceae.


Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad menyatakan para pemukim Yahudi telah sengaja merusak tanaman zaitun yang tidak hanya menjadi mata pencarian bagi warga setempat, namun juga memiliki simbol ikatan erat kehidupan antara tanah dan seluruh rakyat Palestina. Di lain pihak Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu masih bersikukuh, tidak menanggapi tekanan Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk memperpanjang pembekuan pembangunan perumahan Yahudi ilegal.



Kenapa pohon Zaitun begitu berarti bagi kehidupan rakyat Palestina? Menurut frankiemegaboga.blogspot.com, pohon Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun. Distribusinya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Kebanyakan jenisnya dapat ditemui di Asia dan daerah Laut Tengah. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum Sambac).


Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan.


Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.



Sumber : Garit/Reuters/Westolves Trees.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.