ON LINE

Followers

TAPIR MALAYSIA HIDUP BERPINDAH TEMPAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 20 Oktober 2010

Tapir adalah salah satu binatang yang paling aneh tampilannya di dunia. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. Demikian gambaran Tapir sebagaimana dilansir Kompas dari Situs GeoWeek seputar keanehan bentuk fisik binatang ini.



Tiga dari empat spesies Tapir yang ada di dunia hidup di Amerika Selatan, sedangkan spesies keempat hanya ditemukan di hutan-hutan tropis di Asia Tenggara, khususnya di Malaysia. Disebutkan bahwa Tapir Malaysia sulit diteliti sehingga sampai dengan tahun 2002 hanya ada satu penelitian ilmiah tentang binatang herbivora yang pemalu ini. Proyek Konservasi Tapir Malaysia yang dimulai tahun 2002 oleh Kebun Binatang Kopenhagen telah melakukan serangkaian penelitian dan pengamatan binatang ini, dimana hasilnya telah mengubah pandangan yang ada tentang binatang yang satu ini.



Adalah jenis hewan herbifora yaitu hewan pemakan daun-daun muda dan tumbuhan-tumbuhan bawah di hutan hujan primer pada vegetasi yang padat pinggiran hutan atau disepanjang pinggiran sungai.


Dengan menggunakan kamera jarak jauh yang ditempelkan pada alat penyensor gerakan yang dilekatkan pada Tapir, para peneliti telah merevisi angka populasi Tapir. Meski diyakini bahwa populasi Tapir telah stabil, data menunjukkan bahwa populasi Tapir Malaysia di seluruh Asia Tenggara tak lebih dari 1500 sampai 2000 ekor. Tapir berbadan besar dengan berat badan rata-rata 650 kilogram. Jangkauan jelajah Tapir sangat luas karena mereka cenderung berjalan jauh untuk menemukan lokasi yang kaya garam mineral.



Tapir-tapir ini juga suka berkelana mencari daun-daunan, buah-buahan dan ranting pohon. Ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Tapir Malaysia adalah pembalakan liar dan penggundulan hutan tropis yang ditujukan untuk perluasan areal perkebunan kelapa sawit. Proyek Konservasi Tapir Malaysia berharap upaya mereka dapat membuat masyarakat lebih mengerti mengenai mahkluk unik yang satu ini dan tentu saja mampu melestarikan keberadaannya agar tidak punah ditelan jaman.



Sumber : GeoWeek.

1 Responses to TAPIR MALAYSIA HIDUP BERPINDAH TEMPAT.

  1. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.