ON LINE

Followers

PUASA AGAR TETAP SEHAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 12 September 2012

Bagi yang mulai puasa Sabtu ( 21/7 ), hari ini tepat memasuki hari ke - 21 puasa. Bagaimana dengan kondisi tubuh Anda, sahabat sehat dengan puasa? Apakah merasa lebih segar dari biasanya ataukah terus mengantuk di siang hari saat sedang bekerja? Itu wajar bagi orang yang berpuasa dan selalu akan merasakan lemas di siang hari, apalagi di saat udara begitu panas terik seperti siang ini.

Menghubungkan puasa dengan kesehatan memang menarik. Selain menahan lapar dan haus di siang hari, puasa sejatinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu sebagai detoksifikasi tubuh.
Dengan berpuasa segala macam kotoran, toksin atau racun akan keluar dari dalam tubuh. Boleh jadi puasa akan meremajakan sel-sel tubuh serta memperbaiki fungsi hormon. Lebih dari itu puasa juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu peningkatan daya tahan tubuh adalah, peningkatan jumlah sel darah putih, terutama pada minggu kedua puasa. Sel darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh sehingga membuat tubuh kita kuat atas serangan penyakit. Bagi penderita radang sendi, puasa juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian.
Sebelas bulan organ pencernaan terus bekerja non stop. Satu bulan ini organ pencernaan kita istirahatkan dengan menjalankan puasa.
Mutiara Ramadhan menulis dalam artikelnya, penelitian tentang puasa yang dihubungkan dengan kesehatan tubuh telah banyak diteliti oleh kalangan medis di negara barat. Salah satu peneliti, Allan Cott MD, seorang peneliti dari Amerika yang menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara ke dalam  sebuah buku Why Fast.

Dalam buku tersebut terdapat beberapa hikmah puasa antara lain, tubuh seperti merasa lebih baik secara fisik dan mental.  Merasakan lebih muda kulit tubuh, pembersihkan badan karena racun tubuh dibuang. Puasa juga menurunkan tekanan darah dan kadar lemak serta lebih mampu mengendalikan hawa nafsu seksual.

Buku itu juga menyebutkan bahwa puasa bisa membuat badan sehat dan dengan sendirinya, mengendurkan ketegangan jiwa karena melatih kesabaran untuk tidak emosi yang membuat marah. Selain itu manfaat lain dari puasa belajar melatih mengendalikan diri sendiri, memperlambat proses penuaan dan menajamkan fungsi indrawi.

Menurut Direktur Medical Centre of Marin Elson M Haas MD, puasa merupakan bagian dari trilogi nutrisi, balancing dan building. Elson percaya bahwa puasa adalah bagian yang hilang dalam diet di dunia barat. Orang barat terlalu sering makan protein dan lemak yang berlebihan dan Elison pun menyarankan agar orang barat mulai belajar puasa dan mengatur makanan yang  seimbang.

Berdasarkan paparan diatas sebagaimana diulas dalam mutiara ramadhan ini,  puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun tidak semua orang bisa merasakan manfaat tersebut karena tidak tahu dan tidak pernah puasa dalam hidupnya. Kenapa ? Soal puasa tergantung niatnya juga. Jika menjalankan puasa karena Allah, niscaya kemudahan memperoleh manfaat dalam puasa akan kita peroleh, salah satunya tubuh selalu sehat.

Sumber : Mutiara Ramadhan/INO.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.