ON LINE

Followers

GURU MANGKIR MENGAJAR.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 25 September 2012

Keberhasilan seorang murid sekolah dalam belajar tergantung kepada guru yang mengajarnya. Apakah guru bisa mengajar pelajaran dengan baik sehingga anak didik mempunyai prestasi di sekolahnya tergantung juga kepada faktor lain. Salah satunya peranan guru yang rajin mengajar sangat menentukan keberhasilan murid dalam menyelesaikan studinya.

Apa jadinya kalau hanya urusan sepele, ada guru yang mangkir dalam mengajar. Setidaknya hal itu terjadi di India saat sedang menghadapi masalah pendidikan serius. Rata-rata setiap hari ada satu dari empat guru sekolah dasar di negara itu mangkir alias membolos mengajar dengan berbagai macam alasan.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Karthik Muralidharan, profesor dari University of California di AS, sebagian alasan mangkir itu bisa diterima, jika karena guru sakit, cuti hamil atau izin untuk merawat anak. Namun sekitar 60 persen dari para guru pembolos itu tidak memiliki alasan yang jelas untuk mangkir mengajar. Apakah hanya gara-gara gaji guru di negara itu rendah sebagai penyebabnya, sehingga guru dengan gampang membolos tanpa sanksi tegas dari komite sekolah.

Untuk itulah penelitian itu menunjukkan, para guru yang punya koneksi politik tertentu ternyata mencari pekerjaan lain dan menyogok petugas penilik sekolah agar tetap tercatat sebagai guru dan menerima gaji dari negara. Di beberapa negara bagian, seperti Uttar Pradesh yang berpenduduk hampir 200 juta jiwa, rasio guru pembolos itu mencapai 30 persen.

Jadi apa jadinya kalau guru sekolah dasar India sudah digaji pemerintah masih saja berulah mencari dalih untuk membolos? Bukankah ini memberi contoh tidak baik kepada anak didik soal disiplin kerja yang seharusnya tidak boleh dilalaikan oleh seorang pendidik. Guru itu artinya digugu dan ditiru, menurut pepatah Jawa di sekoah dasar saya dulu. ( Reuters ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.