ON LINE

Followers

BERUANG KUTUB MAMPU BERENANG JAUH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 22 September 2012

Para ilmuwan yang memperlajari pergerakan beruang kutub melihat ada anomali dalam data mereka. Data itu diperoleh dari rekam jejak yang dipasang pada 68 beruang kutub betina selama empat atau lima tahun. Ketika terjadi kesenjangan dalam data, para peneliti menemukan bahwa kesenjangan itu terkait jarak yang ditempuh beruang kutub dengan berenang.

Sepanjang musim panas, demikian dipaparkan situs Geo Weeks, beruang kutub berkumpul di Laut Beaufort dan Chukchi ( berbatasan dengan Antartika ), di mana mereka dapat memangsa anjing laut yang juga berkumpul di sekitar wilayah itu. Es yang berada di pesisir laut menyediakan tempat berlindung untuk para beruang kutub sehingga mereka bisa berburu anjing laut dan kemudian istirahat di atas gumpalan es.

Namun sejak tahun 1995, es di wilayah itu mulai menyusut akibat pemanasan iklim global. Gumpalan es yang terapung pun mundur sampai ratusan kilometer. Dampaknya para beruang itu pun terpaksa harus berenang sangat jauh untuk memburu mangsanya.
Beruang Kutub ( Ursus Maritimus ) adalah binatang yang hidup di lautan es, tetapi jumlah mereka kini menurun drastis. Mereka hidup di kutub utara dan selatan planet Bumi.
Jika Beruang Kutub tidak mendapatkan anjing laut dan hanya makan burung beserta telurnya atau tulang belulang binatang yang terdampar atau hanya mengkonsumsi rumput laut, maka ini merupakan periode "puasa" bagi Beruang Kutub. Akibatnya  berat badan mereka turun 10 - 20 kg setiap minggu!
Pada musim panas lalu, satu beruang kutub betina berenang selama sembilan hari melintasi laut sejauh 687 kilometer. Dalam perjalanan jauh yang melelahkan ini, si induk beruang kehilangan anaknya juga bobot tubuhnya turun 11 kilogram. Beruang lainnya berenang sampai 12 hari dan akhirnya mampu menemukan es terapung untuk sekedar istirahat.

Yang paling mengganggu benak para ilmuwan adalah korelasi antara jarak tempuh renang yang semakin jauh dan tingkat kematian anak beruang semakin tinggi. Akibatnya tingkat kepunahan beruang kutub semakin banyak. Bagaimana pun beruang kutub sangat tergantung pada anjing laut sebagai makanan kesukaannya.

Sumber : GeoWeeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.