ON LINE

Followers

TETAP SEHAT BERSAMA REMPAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 09 Mei 2013

Akhir bulan April 13 ini tampaknya sudah akan masuk musim kemarau untuk wilayah DKI dan sekitarnya. Karena peralihan musim hujan ke musim kemarau  terkadang membawa berbagai macam penyakit, maka tidak ada salahnya kita menjaga diri dari serangan penyakit pergantian musim, agar badan tetap sehat dan bugar. Bagaimana cara menjaga kebugaran dan kesehatan di pergantian musim itu?

Ada banyak cara menuju Kolombo, dari menumpang kapal laut hingga tiba di negeri itu, ada pula yang menggunakan penerbangan sebagai angkutan udara. Demikian pula orang bijak selalu menggunakan cara mengatasi penyakitnya dengan berbagai formula uji coba. Jika satu jenis penyakit sulit disembuhkan dengan obat kimia, maka dia akan menggunakan obat herbal.

Jika ternyata hasilnya positif dalam memperoleh kesembuhan, maka resep penyembuhan dengan obat herbal akan dilanjutkan. Kembali ke masalah kondisi cuaca yang ekstrem saat ini dengan mudah menyerang daya tahan tubuh, ada baiknya seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah, bisa menyiasati dengan menjaga makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

Selain mengonsumsi vitamin, boleh juga mengonsumsi rempah-rempah, sebab  sudah banyak hasil positif diperoleh seseorang saat tubuhnya lemah. Ia berangsur-angsur sembuh dari gangguan penyakit setelah mengonsumsi minuman mengandung rempah.  Lalau tanaman rempah apa yang sekiranya cocok untuk mengatasi gangguan penyakit di saat pergantian musim saat ini ?
Kunyit putih jenis temu mangga ini rimpangnya mampunyai bau khas seperti mangga kweni. Tanaman ini banyak dimanfaatkan rimpangnya. Mempunyai khasiat antipiretik (penurun panas), antitoksik (menangkal racun), laksatif (pencahar), dan antioksidan.
Kunyit putih jenis temu mangga ini rimpangnya mempunyai bau khas seperti mangga kweni. Tanaman ini banyak dimanfaatkan rimpangnya. Mempunyai khasiat antipiretik (penurun panas), antitoksik (menangkal racun), laksatif (pencahar), dan antioksidan.
Salah satu tanaman obat keluarga ( toga ) adalah kunyit putih yang tidak sepopuler saudara kandungnya, yaitu kunir alias kunyit. Akan tetapi rimpang kulit putih yang memiliki nama latin Curcuma zedoaria ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Soal rasa, sebagaimana ditulis Gerai Fit Rempah-rempah, kunyit putih lebih getir ketimbang saudaranya.

Aroma kunyit putih lebih khas dan kuat lantaran mengandung lebih banyak minyak atsiri. Direktorat Pengawasan Obat Tradisional Ditjen POM mencatat, penelitian tentang kunyit putih atau temu putih ini telah dilakukan di China sejak 1988. Hasilnya, kunyit putih diketahui banyak mengandung minyak atsiri.

Kandungan minyak atsiri pada kunyit putih terdiri atas curdione dan  curcurmol. Selain itu tanaman ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker, antiinflamasi alias peradangan dan dapat meningkatkan sel darah merah. " Selain kunyit putih apakah ada obat herbal lain yang sekiranya bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh di saat peralihan musim ?, " tanya sahabat sehat dengan reiki beberapa hari lalu, saat dirinya terkena musibah banjir sehingga harus mengonsumsi obat herbal.

Selain kunyit putih ada pula temulawak yang sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di negeri tropis. Temu lawak memiliki kandungan aktif kurkumin, xanthorrhizol dan germakron. Selain itu temu lawak mengandung sari pati, serat kasar dan minyak atsiri.
Temulawak sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Menurut beberapa sumber temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia, yang menyebar keberbagai negara seperti Malaysia, Cina bagian selatan, Thailand, Birma, India dan Filipina.
Temulawak sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan.  Beberapa sumber mengatakan, temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia lalu menyebar keberbagai negara seperti Malaysia, Cina bagian selatan, Thailand, Birma, India dan Filipina.
Dalam kandungan ini, temulawak memiliki khasiat bagi tubuh, yaitu detox alami untuk lever ( hati ), antiseptik dan antibakteri alami, sebagai anti peradangan alami. Temu lawak juga mengatasi gejala peradangan sendi alias rematik  dan serangan asam urat. Saat menstruasi pada wanita, temu lawak juga sering diminum untuk penawar rasa sakit alami karena kandungan xanthorrhizolnya dapat berfungsi sebagai antikariogenik.

Antikariogenik adalah mencegah  berkembangnya bakteri perusak gigi dan dipercaya sebagai penambah nafsu makan untuk segala usia. Temulawak dapat dikonsumsi dalam bentuk instan. Anda tidak perlu lagi susah payah memotong dan merebus rimpangnya secara tradisional.

Namun, bagi sehat dengan reiki kundalini, mengonsumsi temu lawak di habitat aslinya, sampai sekarang ini saya masih mendapatkan manfaat positif untuk tubuh sehat. Selain dibuat oleh orang yang berpengalaman dan jadi pelanggan saya, temu lawak juga bisa kita isi  dengan energi reiki sebelum diminum. Setelah minum, rasanya badan jadi jos oe.

Sumber : Gerai Fit Rempah-rempah.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.