ON LINE

Followers

NYAMAN DAN DAMAI DALAM KESEHARIAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 15 Mei 2013

Ada orang desa begitu  kembali dari kota, mengatakan bahwa hidup di kota besar bagaikan berpacu dengan melodi, eh...bukan berpacu dengan  kecemasan. Maksudnya, cemas ketinggalan angkutan umum yang membawanya ke tempat kerja. Lalu cemas takut bangun  kesiangan dan buru-buru mandi dan berdandan rapi agar sampai kantor tepat waktu.

Kecemasan masih ditambah lagi dengan cemas lainnya, di antaranya cemas menghadapi kemacetan lalu lintas di jalan. Dia takut keserempet mobil di pinggir jalan saat sedang berjalan di trotoar. Saat naik angkutan umum, kecemasan semakin bertambah saat sopir menjalankan kendaraannya ugal-ugalan dengan tancap gas mengejar setoran.

Akhirnya banyak  warga kota besar saat ini,  baik muda, tua, pria, wanita, mahasiswa, pelajar, karyawan, pensiunan, pengangguran menjalani kehidupannya dalam situasi  tertekan.  Dampaknya muncul rasa gelisah tidak nyaman dalam diri saat melihat orang saling berebut kesempatan yang terjadi hampir setiap hari. Lalu adakah solusi praktis menekan kecemasan itu di saat dia sedang beraktivitas keluar rumah?

Cobalah sesaat anda alihkan perhatian dari rasa cemas ke rasa nyaman dalam kehidupan dengan membayangkan hal yang menyenangkan sekalipun hal ini semu dan bukan dalam kenyataan. Akan tetapi dengan melatih membuat nyaman dalam diri, boleh jadi rasa nyaman itu pada suatu saat akan terbukti. Lalu caranya bagaimana untuk  mendapatkan rasa nyaman dan damai itu?

Psikolog Agustine Dwiputri di rubrik psikologi konsultasi mengatakan,  cara mudah   adalah dengan berlatih membuat berbagai afirmasi dan imajinasi atau  visualisasi . Intinya mengacu pada buku Shortcuts to Inner Peace  karangan Ashley David Bush ( 2011 ). Dalam buku itu diberikan cara praktis yang dapat membantu orang menjalini hari-harinya dengan nyaman dan damai.
Apa itu afirmasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, afirmasi berarti penetapan yang positif, penegasan, dan peneguhan; atau pernyataan yang sungguh-sungguh. Kesungguhan ini salah satunya bisa dilakukan dengan mengulang-ulang pernyataan yang menguatkan tadi. Misalnya “saya bisa, saya bisa”, “saya mampu, saya mampu”. Sepertinya sederhana. Tapi, afirmasi akan memunculkan kekuatan yang luar biasa.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, afirmasi berarti penetapan yang positif, penegasan dan peneguhan atau pernyataan yang sungguh-sungguh. Kesungguhan ini salah satunya bisa dilakukan dengan mengulang-ulang pernyataan yang menguatkan tadi. Misalnya “saya bisa, saya bisa”, “saya mampu, saya mampu”. Sepertinya sederhana. Tapi, afirmasi akan memunculkan kekuatan yang luar biasa. ( Andrie Wongso )
Dikatakan bahwa afirmasi adalah sugesti atau pernyataan positif yang jika sering diulang-ulang dapat mengarahkan kembali pola-pola berpikir negatif yang sudah mengakar selama ini. Afirmasi dapat dipakai untuk memperbaiki sikap mental berbagai masalah, seperti kecanduan, kurang percaya diri dan depresi.

Setiap cara praktis ini akan mengaktifkan susunan saraf parasimpatik, yaitu sistem pengatur dan penenang bagi tubuh dan pikiran. Saat saraf parasimpatik dirangsang, tekanan darah akan menurun, suasana hati meningkat, sistem kekebalan tubuh menguat. Secara keseluruhan membantu pemulihan tubuh dari kondisi stres.

Penelitian neurosains mengatakan bahwa otak kita lunak dan lentur. Dengan kapasitas yang pasti untuk menciptakan jalur saraf baru dalam menanggapi berbagai perilaku repetitif. Otak akan mencatat pengalaman baru dengan menghubungkan neuron-neuron dengan cara sebelumnya yang tidak terhubung.

Semakin sering kita mengulangi pengalaman tersebut, sirkuit makin menguat. Dengan kata lain, hanya dengan menanggapi stres melalui cara yang baru dan sehat dari waktu ke waktu, akan menciptakan kebiasaan baru yang sehat terhubung ke otak kita. Jika otak sehat dan berpikiran positif, rasa cemas akan hilang dengan sendirinya.

Latihan yang paling gampang adalah saat kita diarahkan untuk santai, merilekkan pikiran dari keruwetan barang sesaat. Melalui tarik dan buang napas panjang dalam-dalam secara berulang-ulang, energi kecemasan, ketakutan, ketidakberdayaan dalam diri kita buang jauh-jauh seiring hembusan napas dalam tadi. Biarlah energi kecemasan dan teman-temannya itu dibuang jauh-jauh dari dalam diri kita.

Saat diri ini sudah tenang, nyaman mulai pejamkan mata. Visualkan dalam pikiran hal-hal yang menyenangkan. Misalnya hari ini Anda sehat bersama keluarga. Tetangga kanan-kiri tempat tinggal anda melempar senyum dan sapa dengan anda dan anda pun membalas senyuman itu dengan tulus.

Demikian pula dalam hal kegiatan di tempat kerja, suasana menyenangkan tetap terjaga. Saat pulang kerja masih dalam kondisi letih karena lelah di jalan, keluarga di rumah menyambut dengan gembira. Anda pun dengan rileks masuk rumah dengan nyaman. Sementara energi keletihan, kecapaian di jalan karena lalu lintas macet, misalnya, Anda tanggalkan di pagar depan rumah.

Biarlah energi letih itu diterbangkan angin menjauhi diri anda. Lakukan visualisasi ini dalam latihan dan buktikan dalam kenyataan keseharian baik di rumah dan di tempat kerja. Saat mendapati tubuh ini masih tetap bugar dan sehat sepanjang hari, ucapkan syukur kepada Sang  Pencipta Alam Semesta ini, semoga esok hari kita masih dipertemukan dalam suasana nyaman, damai, penuh kedamaian dan kekeluargaan.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.