ON LINE

Followers

PEPAYA SAHABAT PENCERNAAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 27 Mei 2013

Seseorang yang susah mengalami BAB sangat disarankan untuk makan buah pepaya. Sebab, buah pepaya dipilih untuk memperlancar pencernaan. Selain itu buah pepaya juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dan kaya akan serat yang lembut. Saat dikonsumsi buah  manis berwarna orange ini bersahabat dalam proses penyerapan makanan dalam tubuh.

Pakar gizi dari Bantul, Sri Suhartini yang tahu manfaat buah pepaya, menguraikan buah warna orange ini kaya akan enzim, vitamin maupun mineral. Nutrisi yang terkandung  pada dagingnya berupa antioksidan dan juga beta karoten dengan vitamin A didalamnya. " Selain vitamin A buah pepaya juga mengandung vitamin C,  B komplek, flavonoid, asam folat dan pantotenat, " katanya.

Vitamin dan asam tadi sangat baik untuk kesehatan pencernaan, mengingat kinerja pepaya dalam memperlancar pencernaan memiliki serat tinggi. Daging buah sangat halus dan tidak berat ketika dicerna. Kandungan berbagai vitamin dan antioksidan sangat efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan enzim papain pada pepaya terkenal memiliki khasiat mempercepat proses pencernaan protein. Menurut Sri, enzim tersebut mampu memecah protein menjadi arginin dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino. " Sekali lagi buah ini memudahkan penyerapan oleh tubuh, " ujarnya.
buah pepaya berasal dari Amerika, Mexico dan Brazil, namun sebenarnya buah pepaya sudah ada di berbagai negara tropis dunia, seperti Indonesia dan Thailand sejak ratusan tahun lalu. Buah pepaya juga bermanfaat sebagai detoksifikasi alami, membersihkan racun-racun yang berbahaya di dalam tubuh. Kandungan magnesium pada pepaya diketahui bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta dapat mempercepat penyembuhan akibat cedera.
Buah pepaya berasal dari Amerika, Mexico dan Brazil. Sebenarnya buah pepaya juga ada di berbagai negara tropis dunia, seperti Indonesia dan Thailand sejak ratusan tahun lalu.
Buah pepaya juga bermanfaat sebagai detoksifikasi alami, membersihkan racun-racun yang berbahaya di dalam tubuh. Kandungan magnesium pada pepaya diketahui bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta dapat mempercepat penyembuhan akibat cedera.
Senyawa pada vitamin A dan C diketahui mampu berperan menghalau radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Antioksidan pada buah juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri penyebab hipertensi. Buah manis ini juga memberi nutrisi pada jantung atau kardiovaskular.

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi pepaya juga tidak masalah mengingat buah tropis ini mengandung rendah gula. Disamping pilihan buah segar sahabat pencernaan, pepaya  berkhasiat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh, produksi enzim pencernaan dan mendorong pembaharuan jaringan otot. Jadi...saat makan siang nanti tak ada salahnya melengkapi menu yang sudah ada dengan buah pepaya segar.

Sumber : Harian Jogja Express/Pamuji Tri Nastiti.

1 Responses to PEPAYA SAHABAT PENCERNAAN.

  1. Pepaya memang sangat baik untuk sistem saluran pencernaan .

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.