ON LINE

Followers

MENCEGAH KANKER PAYUDARA DENGAN LATIHAN AEROBIK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 25 Mei 2013

Pembicaraan tentang kanker payudara sering diulas dalam talk show baik di radio, televisi atau off air dengan tema lokakarya sehari pentingnya menjaga buah dada dari kemungkinan terkena kanker payudara.Tentu saja begitu  mendengar kanker payudara wanita akan kaget dan berusaha cari tahu referensi tentang penyakit itu dan bagaimana cara penanganannya. Sebenarnya, penyakit ini bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup mulai dari sekarang.

Gaya hidup manalagi yang harus menyesuaikan diri agar wanita tidak terkena kanker payudara? Jawabannya gampang-gampang susah dan perlu kebijaksanaan untuk mengatakan apa yang sebenarnya harus jadi pegangan setiap wanita agar dirinya waspada akan bahaya penyakit ini. Salah satu jawaban simpel dan mungkin bisa dilakukan wanita yang ingin sehat adalah, jangan banyak duduk tapi mulailah aktif berberak dengan latihan aerobik.

Menurut penelitian di New York, AS latihan aerobik bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Latihan aerobik lebih ditekankan pada cara pemecahan dan metabolisme estrogen. Tim peneliti membagi responden menjadi dua kelompok yang suka berolahraga dan yang tidak.

Selama penelitian berlangsung diteliti wanita dengan gaya hidup menetap dan satunya lagi kelompok wanita yang mengubah gaya hidupnya dengan aktif melakukan latihan aerobik selama 30 menit. Latihan aerobik dari yang ringan hingga berat dengan selama 5 kali seminggu. Jenis latihan aerobik mencakup treadmill, stair steppers atau elliptical machines.

Hasilnya, pada kelompok intervensi metabolisme estrogen 'baik' setelah 16 minggu meningkat. Estrogen ini yang berhubungan dengan menurunnya risiko kanker payudara. Wanita yang berolahraga aerobik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam massa otot, hilangnya massa lemak, dan komposisi tubuh lebih baik.

Membiasakan diri suka bergerak dengan melakukan latihan olahraga aerobik mencegah gejala kanker payudara.
Membiasakan diri suka bergerak dengan melakukan latihan olahraga aerobik mencegah gejala kanker payudara.

Kadar estrogen berkaitan dengan risiko kanker payudara. Hormon tersebut akan naik pada puncak kesuburan wanita dan keberadaannya di tubuh bisa didorong oleh obat tertentu dan kondisi medis. Peneliti menduga, timbunan lemak yang berlebih, perilaku yang menetap atau keduanya bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk itu, latihan aerobik penting dalam memoderasi efek estrogen. Liputan 6 com menyatakan, " Latihan, yang dikenal bisa mendukung kebugaran dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan sendirinya kemungkinan membantu mencegah kanker payudara dengan mengubah metabolisme estrogen," kata Mindy S. Kurzer, Ph.D., profesor di Departemen Ilmu Pangan dan Gizi di University of Minnesota di Saint Paul seperti dikutip Dnaindia , Minggu (12/5/2013).

Menurutnya, studi observasional menunjukkan aktivitas fisik menurunkan risiko kanker payudara, tetapi tidak ada studi klinis yang menjelaskan mekanisme tersebut. Hasil studi ini dipublikasikan di  Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention,  sebuah jurnal dari American  Association for Cancer Research. Kurzer juga bekerja sama dengan peneliti di University of Pennsylvania di Philadelphia, pada wanita dengan risiko tinggi untuk kanker payudara.

Jadi, untuk apa menunggu dan berdiam diri lantas malas bergerak. Mari mulai biasakan berolahraga. Anda mau sehat bukan ?
 Sumber : Liputan 6 ( Mel/Igw)

1 Responses to MENCEGAH KANKER PAYUDARA DENGAN LATIHAN AEROBIK.

  1. Unknown Says:
  2. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie..kalau boleh tau, berapa kali dalam seminggu kita baiknya melakukan rutinitas senam aerobik? dan ada g jenis baju senam khusus yang harusdigunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.