ON LINE

Followers

MATA SAHARA DI BARAT MAURITANIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 13 Mei 2013

Formasi batuan yang besar, melingkar dan multiwarna yang terletak di barat Mauritania, dikenal sebagai Mata Sahara. Lebar batuan ini sekitar 40 kilometer dan terdiri dari lapisan batu sedimen. Orang mengenalnya sebagai nama Struktur Richat.


Lingkaran berulir  disebut Mata Sahara dengan diameter 30 mil -- seperti mata. Saking besarnya ini bisa dilihat dari luar angkasa.
Lingkaran berulir disebut Mata Sahara dengan diameter 30 mil seperti mata. Saking besarnya  bisa dilihat dari luar angkasa.
Ketika pertama kali ditemukan, Struktur Richat diyakini merupakan hasil benturan asteroid purba. Namun, kajian selanjutnya menunjukkan bahwa struktur tersebut lebih merupakan kubah geologi yang terkikis.  Tidak ada defomarsi pada stuktur membuktikan hal itu.

Benturan asteroid masih menurut situs Geo Week pekan ini, akan meninggalkan jejak yang jelas pada bebatuan. Fitur stuktur juga tidak menunjukkan adanya creater, hal yang umum ditemukan pada benturan asteroid. Bagian yang berwarna ungu atau hijau kebiruan, membentuk punggung bukit setinggi 100 meter dan bebatuan yang nonresisten, berwarna coklat kekuningan, membentuk lembah.

Selanjutnya sruktur Richat merupakan tujuan wisata yang populer bagi para pencinta off-road. Tapi yang lebih mengagumkan, ini merupakan pemandangan  istimewa yang terlihat oleh para astronot ketika tengah mengorbit keliling Bumi dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Memang kalau dilihat dari jauh, nampak seperti gambar mata dan karena terletak di gurun Sahara, maka dikenal sebagai " Mata Sahara ".
Struktur Richat diduga terbentuk dari bebatuan yang berasal dari awal Paleozoic, dan berusia 600 juta tahun. Di bagian tengah, bebatuan ini tahan terhadap cuaca dan erosi (bagian yang berwarna ungu atau hijau kebiruan, membentuk punggung bukit setinggi 100 meter dan bebatuan yang nonresisten, berwarna coklat kekuningan, membentuk lembah.
Struktur Richat diduga terbentuk dari bebatuan yang berasal dari awal Paleozoic, dan berusia 600 juta tahun. Di bagian tengah, bebatuan ini tahan terhadap cuaca dan erosi.
Sumber : Geo Weeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.