ON LINE

Followers

OLAH RAGA SEHAT UNTUK ANAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 13 Mei 2013

Biasanya kegiatan olah raga dilakukan oleh orang dewasa dan dalam kondisi tubuh sehat, siap menerima energi kebugaran dari praktek olah raga. Dampak dari kemauan berolahraga bagi pelakunya, dia akan mendapatkan manfaat, yaitu tubuh sehat, aliran darah lancar dan jarang sakit. Olahraga yang teratur, terukur dan dilandasi niat kuat, bahwa  salah satu cara sehat adalah tubuh aktif bergerak.

Lalu, apakah manfaat olah raga hanya dinikmati oleh orang dewasa saja?  Tidak sahabat sehat dengan reiki yang di tengah teriknya matahari Minggu siang ini tengah bersiap mengisi hari libur bersama keluarga tercinta yang tentunya harus sehat pula fisiknya. Yang pasti olah raga memberikan manfaat bagi kesehatan jika dilakukan teratur tanpa bosan alias hangat-hangat tai ayam.

Keuntungan berolah raga yang diperoleh seperti diwartakan situs web Kids Health, antara lain membentuk tulang dan otot yang kuat. Tubuh mampu mengontrol lemak sehingga anak tidak punya berat badan berlebihan. Olah raga teratur juga terbukti mengurangi resiko penyakit diabetes tipe dua, serta menurunkan tekanan darah dan kadar kadar kolesterol darah.

Anak anak yang senang berolah raga  memperoleh fisik yang tetap sehat, tidur jadi nyenyak dan mampu mengatasi tantangan fisik dan emosional dalam aktivitas harian mereka. Untuk mendukung kegiatan tersebut, orang tua perlu mengarahkan jenis olah raga apa yang sekiranya cocok untuk anaknya. Lalu kira-kira jenis olah raga apa yang sekiranya cocok untuk anak-anak?
Boleh main komputer, asalkan anak juga dikenalkan dengan aktivitas tubuh, misalnya jalan kaki bersama orangtua.
Boleh main komputer, asalkan anak juga dikenalkan dengan aktivitas tubuh, misalnya olah raga jalan kaki bersama orangtua.
Anak-anak di kampung atau pedesaan selalu memanfaatkan ruang terbuka untuk berlatih olah raga permainan. Bermain sepak bola di areal persawahan paska panen padi.
Anak-anak di kampung atau pedesaan selalu memanfaatkan ruang terbuka untuk berlatih olah raga permainan. Bermain sepak bola di genangan air menjadi kesenangan bersama di sore hari anak-anak desa.
Miturut Dr. Alicia Christine dalam buku The Golden Rules to Raise Your Children, menuturkan bahwa seorang anak tidak boleh dipaksa harus olah raga tertentu saja. Pilihlah olah raga yang mendukung penampilan anak dan sekiranya cocok untuk dimainkan dan tidak memberatkan fisiknya. Jika olah raga ini sudah dikuasai boleh juga sebagai kesenangan, mencoba jenis olah raga lain yang juga membantu menyegarkan fisiknya.

Sebagai contoh anak umur  6 - 7 tahun, orang tua dapat mempertimbangkan varian olah raga seperti sepak bola, senam, renang, tenis, golf, atletik dan bela diri. Setelah anak masuk usia 8 tahun ke atas boleh dikenalkan dengan jenis olah raga contact sport, misalnya bola volley, hoki dan basket. Karena itu,  mari  ajak anak untuk mau berolahraga daripada anak hanya di tempat duduk saja sambil memelototi layar monitor komputer untuk main games. ( AJG ).

Sumber : Kesehatan Ibu dan Anak ( re-edit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.