ON LINE

Followers

RUMPUT LAUT SUMBER PENYEHAT JANTUNG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 11 Agustus 2011

Para ilmuwan mengidentifikasi rumput laut sebagai sumber potensional bahan makanan yang menyehatkan jantung. Penelitian itu dituangkan dalam artikel di Jurnal Kimia Pertanian dan Makanan ACS sebagaimana dikutip Science Daily, Kamis ( 21/7 ). Menurut tim peneliti, rumput laut dan makroalga lain bisa menyaingi produk susu sebagai sumber peptida bioaktif.



Maria Hayes dan rekan Ciaran Fitzgerald, Eimear Gallagher serta Deniz Tasdemir menyimpulkan bahwa beberapa protein rumput laut bekerja seperti peptida bioaktif dalam susu yang mampu mengurangi tekanan darah sebagaimana obat penghambat enzim pengonversi angiotensin yang populer, seperti captopril dan ramipril. Mereka mencatat bahwa orang-orang Asia Timur, Eropa ataupun di Pasifik telah mengenal makanan rumput laut selama berabad-abad, seperti nori di Jepang, dulse di pesisir Eropa dan limu palahalaha dalam masakan asli Hawai.


Sebagian besar rumput laut Indonesia masih diekspor dalam bentuk rumput laut kering.


Laman ibuprita.suatuhari.com dalam artikelnya menyorot kegunaan rumput laut merujuk hasil penelitian Slamet Budi Cahyono. Semua orang pasti pernah mendengar nama rumput laut yang dibudidayakan para nelayan. Hasil pengolahan rumput laut sebagai penganan yang berasal dari laut, ternyata memiliki kegunaan bagi tubuh kita. Selain dikenal sebagai makanan pelengkap minuman, rumput laut juga diketahui mampu mencegah penyakit seperti diabetes serta jantung koroner.


Indonesia mempunyai potensi sumberdaya kelautan yang sangat besar, salah satunya adalah rumput laut.


Menurut Slamet Budi Cahyono, rumput laut memiliki kandungan antioksidan dan juga serat alami yang berguna mencegah penyakit degeneratif tersebut. Peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, Slamet Budi Cahyono mengatakan, " Rumput laut berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif, seperti diabetes dan jantung koroner. Rumput laut mengandung antioksidan dan kaya serat alami yang bisa mencegah penyakit degeneratif,” katanya usai menjadi pembicara dalam “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian Kampus Mahasiswa 2010″ di Semarang, Jumat (1/10/1010).



Rumput laut kering masih merupakan bahan baku yang harus diolah lagi. Pengolahan rumput laut kering dapat menghasilkan agar-agar keraginan atau algin tergantung kandungan yang terdapat di dalam rumput laut. Pengolahan rumput laut menjadi bahan baku telah banyak dilakukan para petani.



Sumber : Science Daily.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.