ON LINE

Followers

GANGGUAN ALAMI IBU HAMIL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 05 Agustus 2011

Membawa dua jiwa dalam satu tubuh memang tidak mudah. Hal inilah yang bakal dialami para ibu hamil ( bumil ) setiap hari. Di samping kondisi perubahan fisik karena sedang hamil, berbagai gangguan kesehatan pun kerap muncul menerpa mereka yang dalam kondisi tidak fit. Gangguan kesehatan bagi bumil mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat.



Mengutip dari Buku Pintar Keluarga Sehat karya Eryga Yogasmara dan Puji Lestari, ada beberapa gangguan yang kerap menerpa bumil berikut penanganannya.



( 1 ) Alergi disebabkan perubahan kadar hormon progesteron dan menurunya sistem kekebalan para ibu hamil dapat memicu terjadinya alergi. Sebut saja seperti alergi gatal-gatal atau bersin-bersin. Pada umumnya gatal-gatal sering muncul pada trisemester kedua dan ketiga. Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya para bumil menjauhi zat pemicu alergi dan mengonsumsi makanan rendah lemak, tinggi protein dan karbohidrat.

( 2 ) Sesak napas seiring dengan membesarnya kandungan. Diafragma atau sekat rongga dada akan tertekan ke atas sehingga paru-paru menjadi semakin sempit. Hal inilah yang menyebabkan oksigen yang masuk menjadi lebih sedikit. Selain hormon progesteron yang semakin meningkat pun menjadi penyebab otot pernapasan mengendur sehingga otot dipicu lebih keras. Untuk mengatasi hal ini, bumil bisa melakukan pola hidup sehat, istirahat cukup, makan-makanan bergizi dan teratur melakukan olahraga ringan.


Saat wanita hamil sebaiknya mengenakan pakaian longgar agar nyaman.


( 3 ) Varises menyebabkan pertumbuhan janin terganggu karena pelebaran pembuluh darah. Hal ini disebabkan varises bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Sebagian kasus terjadi pada usia trimester pertama kehamilan. Namun bisa juga muncul pada bulan-bulan berikutnya. Usaha mencegah hal tersebut, bumil sebaiknya tak berdiri atau duduk terlalu lama. Selain itu ketika duduk bumil sebaiknya sering-sering meregangkan pergelangan kaki, alih-alih menyilangkan kaki.



Untuk mengatasi hal ini siapkan bantal di bawah kaki ketika tidur, hindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis, hindari mengangkat beban berat, jangan mengejan terlalu kuat ketika buang air besar. Jangan lupa memakai sepatu bertumit rendah, kenakan baju yang nyaman dan longgar, konsumsi vitamin dan mineral terutama vitamin C yang dapat membantu pembuluh darah tetap elastis dan sehat. Oh...ya sehat dengan kundalini reiki anjurkan Anda banyak mengonsumsi sayur dan buah selama masa kehamilan. Kalau berkenan belajar rileksasi misalnya meditasi.


Sumber : Keluarga Klasika Kompas 05/06/2011

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.