ON LINE

Followers

BULAN PUASA DI CHINA DAN PAKISTAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 06 Agustus 2011

Senin 1 Agustus 2011 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1432 Hijriah adalah awal dilaksanakannya ibadah puasa bagi kaum Muslimin dan Muslimat seluruh dunia. Umat muslim China di Ibukota Republik Rakyat China-RRC pun mulai terlihat melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini. Layaknya umat Muslim di negara lain, selama bulan puasa ini, umat Muslim China juga menahan diri dari berbagai godaan hawa nafsu seperti makan, minum, merokok dan hubungan seks sejak subuh hingga petang hari.



Aktivitas puasa di siang hari bagi kaum remaja muslim China, biasanya memadukan tradisi keagamaan dan aktivitas keseharian masyarakat China umumnya. Dalam keseharian bekerja mereka tetap berpuasa sesuai dengan perintah agama yang dianutnya. Sedangkan kaum tua Muslim China mengaku mereka lebih leluasa menjalankan puasa dan mengisi kegiatan keseharian di Mesjid. Kegiatan itu antara lain sholat berjamaah, tadarus Al Quran dari pagi, siang hingga petang menjelang waktu buka puasa tiba.



Umat Muslim China yang sebagian besar berasal dari kawasan Tibet mengharapkan penderitaan yang dialami kaum duafa di seluruh pelosok dunia dapat teratasi. Banyak kaum duafa di seluruh pelosok dunia merasakan kelaparan dan memerlukan bantuan. Muslim China Maoni mengatakan di bulan suci Ramadhan ini pihaknya akan mencoba mengatasi masalah kelaparan yang tengah diderita kaum duafa di dunia.


Kegiatan shalat berjamaah warga muslim Tionghoa di Masjid Xinjian.


Umat Muslim China yang berjumlah sekitar 18 juta orang tersebar di berbagai provinsi yakni Xinjiang, Gansu dan Ningxia. Ulama Muslim China Wei Chunjie dari mesjid Niu Jie Beijing mengharapkan agar umat Muslim hidup berdampingan dengan umat lainnya dengan damai dan harmonis.



Akan halnya di Pakistan suasana kota pelabuhan Karachi hingga kamp darurat di wilayah Pakistan Barat daya, cengkeraman resesi akibat krisis keuangan global masih tinggi menjelang bulan suci Ramadhan. Warga Muslim di berbagai negara menanti kedatangan bulan suci Ramadhan dengan gembira, namun di Pakistan krisis inflasi membayangi bulan puasa kali ini.



Beberapa hari menjelang Ramadhan, harga pangan telah merambat naik. Harga gula minggu ini menyentuh rekor tertinggi. Hampir seluruh kebutuhan pokok sehari-hari harganya mencapai dua kali lipat di seluruh wilayah Pakistan. Warga menuding kalangan pedagang yang memainkan harga dengan memanfaatkan bulan Ramadhan untuk mendongkrak keuntungan berlipat-lipat, namun para pedagang membantahnya. Sementara warga lainnya terutama kaum ibu mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan sehari-hari. Sekitar 2,3 juta warga Pakistan Barat Daya kini terpaksa berlindung di dalam rumah menyusul masih adanya kelompok Taliban sejak April lalu melakukan aksi kekerasan.



Kalau keluhan akan kenaikan harga kebutuhan pokok sehari-hari dirasakan oleh penduduk Pakistan, sama halnya keluhan serupa terjadi juga di beberapa daerah Indonesia. Di sini kenaikan harga sembako menjelang bulan Ramadhan juga ikut naik. Itulah sekilas yang sehat dengan reiki rasakan ketika sedang berbelanja di warung dua hari lalu. Lalu bagaimana dengan tempat tinggal Anda pembaca? Adakah harga kebutuhan pokok sehari-hari juga ikut naik? Seperti gula, minyak, beras, terigu, telor dan sayur mayur?



Sumber berita : Asia/AP

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.