ON LINE

Followers

MANFAAT SERAT BAGI TUBUH SAAT PUASA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 04 Agustus 2011

Ingin sehat dalam kehidupan sehari-hari terutama saat Anda esok menjalankan ibadah puasa? Ada cara mudah dan murah untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah memperhatikan makanan dan minuman. Dengan kata lain kesehatan seseorang amat tergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan dan minuman tidak sekedar mengenyangkan dan menghilangkan dahaga saja, kandungan dalam santapan tersebut sudah sepatutnya mampu menyokong kondisi vitalitas tubuh.



Selain vitamin dan gizi, kandungan lain dalam makanan yang mutlak diperlukan tubuh adalah diatery fiber ( serat ) yang beberapa dekade lalu dikenal engan sebutan bulk atau roughage. Sejak wacana seputar pentingnya serat dimulai pada tahun 1970, sampai saat ini ada beberapa manfaat yang sudah diketahui. Sebut saja kemampuan serat larut menahan air, sehingga dapat menunda pengosongan makanan di dalam lambung.



Sebentar lagi umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Melihat kemampuannya menunda pengosongan makanan atau menahan kenyang lebih lama, maka wajar pula kalau mereka yang sedang berpuasa atau yang tengah melakukan diet dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat. Manfaat lain dari makanan berserat adalah kemampuan mengikat zat organik seperti empedu yang membuat turunnya jumlah asam empedu. Hal tersebut mengakibatkan hati harus menggunakan kolesterol untuk pembentukan asam empedu yang baru. Hasil akhir dari proses tersebut adalah turunnya kolesterol.



Sebaiknya jika seseorang kekurangan serat, sangat mungkin akan mengalami konstipasi hingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu sudah sebaiknya setiap orang memenuhi kebutuhan tubuhnya akan serat, yang pada wanita kebutuhan serat hariannya sekitar 30 - 35 gram. Lantas, makanan apa saja yang memiliki kandungan serat? Sekedar contoh, sayuran dan buah-buahan adalah sumber serat yang paling mudah dijumpai di sekitar kita berada.


Sayuran merupakan sumber serat terbaik. Sayangnya, bagi wanita sibuk, mengonsumsi makanan sehat satu ini seringkali terlupakan. Sehingga tubuh pun jadi kurang serat, dan menyebabkan saluran pencernaan tidak lancar.


Selain makanan berserat dan mengandung vitamin dan gizi, juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan sangat disayangkan, meski pengetahuan dan manfaatnya sudah sedemikan luas, masih saja ada orang lupa atau enggan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Alasannya bermacam, salah satunya sangat ribet untuk membuat makanan atau minuman yang mengandung serta.



Barangkali cara menyiasati hal ini adalah mengonsumi buah dan sayur dalam bentuk jus bisa menjadi pilihan praktis. Karena itu sehat dengan kundalini reiki mengajak Anda semua yang sebentar lagi akan berpuasa, untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman berserat. Sebagai ganti olahraga perbanyak self healing dan manfaatkan waktu yang ada sepanjang hari selama berkarya untuk menjaga tubuh tetap sehat, dengan memperhatikan makanan dan minuman saat makan saur dan berbuka puasa. Jangan berlebihan untuk balas dendam saat buka puasa tiba. Sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh.



Sumber : Gaya Hidup Sehat Klasika Kompas ( diedit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.